Bawaslu Tertibkan Algaka, Libatkan PTPS

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Memasuki masa tenang hari kedua, Senin (12/2/2024) masih banyak ditemukan Alat Peraga Kampanye (Algaka) di sejumlah wilayah di Kota Balikpapan.

Petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP,BPBD, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta panitia pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) masih terus berupaya melakukan penertiban.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu Kota Balikpapan Ahmadi Azis mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih berupa melakukan penertiban Algaka.

Namun untuk saat ini, pihaknya saat ini masih terkendala untuk baliho yang berada di tempat karena keterbatasan alat. 

“Ini lagi turun tim, kalau kemarin itu sampai tadi malam itu, apalagi crane cuman satu, sedangkan ada baliho yang tinggi-tinggi,” katanya kepada wartawan, Senin (12/2/2024).

Untuk penertiban Algaka di wilayah jalan protokol sebagian besar sudah dilakukan, sedangkan untuk Algaka yang berada di gang-gang penertibannya masih berjalan.

“Yang di gang-gang itu teman-teman masih jalan dan disambung kegiatannya hari ini. Dan sekarang teman-teman turun lagi untuk melakukan pembersihan,” ujarnya.

Ia menyampaikan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Satpol PP, ditargetkan upaya penertiban Algaka bisa diselesaikan paling lambat, pada Selasa (13/2/2024).

“Kemarin, pada saat Apel Kasat Pol PP menyampaikan, bahwa diusahakan steril hari ini, paling lambat besok. Untuk saat ini, di kawasan Jalan Protokol sudah habis semua, bersih tinggal yang di dalam gang ja,” ucapnya.

Khusus untuk Algaka yang masih terpasang di dalam gang-gang di pemukiman warga akan ditertibkan dengan melibat pengawa TPS. Serta pengurus RT setempat.

“Kalau yang di dalam gang itu nanti teman-teman pengawas TPS yang akn melakukan eksekusi. Termasuk RT juga bisa melakukan eksekusi. Karena mereka bisa dimanfaatkan kayunya,” terangnya.

Baca juga ini :  Kegiatan Fun Run Road To Balikpapan 10K Dilepas Wali Kota, Ini Pesannya

Ia menambahkan, pengurus RT bisa melakukan eksekusi yang penting berkoordinasi dengan pengawas TPS di wilayah.

 “Langsung aja turunkan itu lebih enak, lebih aman,” tambahnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.