Cegah Kepunahan, DP3 Gencarkan Pembudidayaan Bibit Ikan Lokal

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Wilayah Kota Balikpapan yang berbatasan langsung dengan Selat Makkasar, ditambah dengan adanya Teluk Balikpapan sehingga menyimpan potensi besar dalam sektor perikanan. 

Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan, Heria Prisni mengatalan, potensi perikanan di Balikpapan cukup besar, apalagi dengan besarnya permintaan pasar akan ikan membuat program pengemban­gan ikan lokal di Balikpapan, hal ini juga bagian upaya pencegahan kepunahan terha­dap ikan lokal.

“Rencana besar kami memang ada kemungkinan ada pengem­bangan budidaya ikan lokal sep­erti papuyu, haruwan, patin, biawan,” ujar Kepala DP3 Kota BalikHeria Prisni kepada Inibalikpapan.com, Rabu (2/3/2022) 

Heria menambahkan, saat ini kebu­tuhan ikan lokal di Balikpa­pan hanya dipenuhi dengan cara tangkap sehingga cukup mengkhawatirkan karena se­makin hari berkurang popu­lasi ikan lokal di alam.

“Selama ini ikan hanya di­tangkap melalui alam, dan keberadaannya semakin hari semakin menyusut,” akunya. 

“Untuk itu ada pe­mikiran kita bersama untuk mengembangkan ikan lokal juga,” tambahnya. 

Kata Heria, saat ini Bidang Perikanan telah melakukan percobaan pembe­saran bibit ikan papuyu, jika berhasil maka metode tersebut akan disebar luaskan kepada ma­syarakat Balikpapan.

“Kami awalnya mencoba papuyu kita baru pembibitan, setelah itu kita besarkan dulu bibit yang kita bawa dari Sebulu,” imbuhnya. 

Pihaknya berupaya agar papuyu, haruwan dan biawan karena itu termasuk ikan lokal daerah, jangan sampai ikan lokal ke­beradaanya semakin berkurang karena tidak ada pembudiday­aan itu.

“Kalau kami sudah ada hasilnya kami akan sosialiasikan ke masyarakat, selama ini kita bu­didaya nila dan lele, patin baru satu budidaya, kita punya dua lokasi di BPI lama, dan kita ban­gun BPI baru di sampingnya,” tuturnya

Heria menambahkan, budidaya ikan papuyu merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak penggemarnya. Ikan papuyu merupakan ikan primadona yang banyak dikonsumsi. 

Baca juga ini :  Pemkot Upayakan Sertifikasi Sejumlah Aset, Ada yang Sengketa

“Rasa dari ikan papuyu ini sangat nikmat dan lezat yang sering membuat orang ketagihan untuk menyantapnya,” akunya.

Kalau dari tampilan ikan papuyu dengan bentuk agak lonjong dan pipih ini memang sangat khas yang mana bisa bertahan di air yang minim oksigen. Ia juga bisa beradaptasi di dataran tinggi meski sebenarnya lebih cocok dan akan cepat besar jika dipelihara di dataran rendah terutama dekat laut. 

“Keuntungan budidaya ikan papuyu yang lain adalah minimnya resiko ikan mati serta ikan tidak memiliki sifat kanibal seperti ikan lele. Hal ini membuat proses budidaya dan perawatan ikan papuyu sangatlah mudah. Pangsa pasar ikan Betok juga sangat bagus karena banyak peminatnya,” jelas Heria.

Untuk diketahui, permintaan ikan papuyu di pasaran memang terbilang besar. Sehingga tak heran jika peluang usaha budidaya ikan papuyu kini menjanjikan. Dimana bisnis budidaya ikan papuyu ini menjanjikan keuntungan yang besar. Untung yang diberikan dalam bisnis budidaya ikan papuyu ini terbilang besar. Sehingga tak heran jika bisnis budidaya ikan papuyu ini banyak yang menjalankannya.

Memang potensi dalam bisnis budidaya ikan papuyu terbilang sangat bagus. Sehingga tak heran jika bisnis budidaya ikan papuyu kini banyak dijalankan dan dikembangkan. Memang keuntungan yang didapatkan dari bisnis budidaya ikan papuyu bukan main-main.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.