Home / iniFLASH / Earth Hour 2018 Pertamina Beraksi Kontribusi untuk Bumi, Hemat Listrik Hingga 1, 4 MW

Earth Hour 2018 Pertamina Beraksi Kontribusi untuk Bumi, Hemat Listrik Hingga 1, 4 MW

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pertamina Refinery Unit V (RU V) kembali ikut berpartisipasi dalam Earth Hour yang dilaksanakan Halaman Parkir Apartemen Tower Amarilis Pertamina, Sabtu malam pukul 20.30 wita (24/3/2018).

Earth Hour ini dihadiri oleh seluruh tim manajemen Pertamina RU V dan tim manajemen RDMP RU V beserta keluarga, kegiatan ini diikuti kurang lebih 700 orang.

Dan pada tahun ini Kegiatan Earth Hour Pertamina RU V mengusung tema “Pertamina Beraksi Kontribusi untuk Bumi”.

GM RU V Togar M.P mengatakan Earth Hour ini bukan hanya sekadar moment memadamkan lampu saja, namun sebagai langkah menjadikan budaya gaya hidup hemat energi dan kepedulian kepada lingkungan dimanapun berada.

“Dan semoga Earth Hour kali ini dapat menjadi sarana edukasi bagi pekerja, mitra dan keluarga untuk melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan, ” kata Togar M.P.

Berbagai cara penghematan energi dilakukan Pertamina dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu contoh yang paling mudah dilihat oleh masyatakat Balikpapan adalah penggunaan tenaga matahari pada lampu di 25 titik di jalan merdeka yang dapat menghemat sampai dengan 8.750 watt perhari.

Dalam kegiatan operasional sehari-hari, Pertamina terus mengupayakan penghematan energi dengan cara menjaga kondisi peralatan dalam kondisi optimum. Salah satu wujud menjaga peralatan dalam kondisi optimum adalah kegiatan turn around yang dilakukan secara berkala.

Pengembangan Kilang Balikpapan juga merupakan salah satu langkah besar untuk penghematan energi. Teknologi yang lebih modern pada kilang berdampak pada efisiensi penggunaan energi dalam aktifitas kilang yang dilihat pada Energy Intensity Index (EII) kilang.

Tahun lalu (2017) penghematan yang dihasilkan Earth Hour Pertamina RU V sebesar 1,4 MW atau menurunkan produksi karbon sebesar 3,8 ton.

Tahun ini (2018) penghematan yang dihasilkan dalam kegiatan Earth Hour Pertamina RU V sebesar 3,7 MW atau menurunkan produksi karbon sebesar 65,6 ton.

Area Pemadaman pada kegiatan Earth Hour kali ini adalah seluruh RDP Utara dan Selatan, seluruh Kantor, termasuk Apartemen Tower Amarilis.

Selama pemadaman, dilakukan “Safari Management” pada area RDP Utara tepatnya di Gunung Pipa dimana akan ditayangkan secara live.

Acara pun dimeriahkan dengan Penandatangan komitmen Earth Hour, Hiburan Musik dari Pekerja, Drama Earth Hour dari SMP Patra Dharma, Paduan Suara dari Patra Dharma Junior Choir.

Earth Hour merupakan kegiatan tahunan dari World Wide Fund (WWF) yang diselenggarakan di lebih dari 170 negara dan 1200 landmarks. Pertama kali diadakan di Sydney tahun 2007 kemudian di seluruh dunia.

Di Indonesia dimulai tahun 2009 dan di Balikpapan sejak tahun 2012. Pertamina RU V sendiri pertama kali mengadakan kegiatan Earth Hour pada Tahun 2010 dimulai dengan metode himbauan pemadaman listrik dan berlangsung rutin sampai Tahun 2012, kemudian Tahun 2013-sekarang dengan metode pemadaman terpusat dan telah menjadi program rutin tahunan.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Update 27 September 2020 : Bertambah 140 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 144 Pasien Sembuh

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kaltim hari ini kembali bertambah. Laporan Satgas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.