Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi

Hadapi Resesi Global, Kaltim Perkuat Ketahanan Pangan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Kondisi perekonomian tidak menentu membuat sejumlah negara diperkirakan terancam resesi global pada 2023.

Untuk menghadapi situasi tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyiapkan sejumlah langkah, di antaranya dengan memperkuat ketahanan pangan.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menyampaikan apabila bicara dampak krisis ekonomi, hal ini merupakan dampak dari resesi secara global.

“Jadi untuk menanggulanginya tidak bisa sendiri-sendiri, harus berkomunikasi antara lokal dan nasional,” kata Hadi Mulyadi.

Bahkan harus bekerja sama dengan negara-negara yang lain untuk membangun ekonomi yang baik.
Karena salah satu penyebab terjadinya resesi adalah perang antara Ukraina dan Rusia.

Untuk skala lokal, daerah harus membuat ketahanan pangan, karena kalau bicara ketahanan energi masih cukup. “Karena kita harus melakukan kegiatan ekspor impor, sebagian dijual, sebagian dipergunakan untuk keperluan dalam negeri, dan ini harus diatur,” ucapnya.

Termasuk ketika bicara ketahanan pangan, lanjut Hadi, daerah harus membangun sentral-sentral produksi pangan semaksimal mungkin. Karena kalau bicara Kalimantan Timur secara menyeluruh tidak mungkin, sehingga harus berkoordinasi dengan daerah lain seperti Sulawesi dan sebagainya.

“Dan dari segi pendapatan, Kalimantan Timur untuk saat ini juga masih bergantung pada sektor batubara, karena untuk memenuhi kebutuhan negeri agar kita bisa memberikan devisa bagi bangsa,” pungkasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Persiba Kalah Dikandang Barito 1-3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.