Sri Mulyani

Hingga September Dana Pemda di Bank Capai Rp 223,84 Triliun

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera menggunakan anggarannya yang tersimpan di bank.

Pasalnya, hingga September 2022 kemarin, dana simpanan Pemda tembus Rp 223,84 triliun. Jumlah itu meningkat Rp 20,41 triliun atau 10,04 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

“Dana Pemda di bank per September 2022 masih sangat tinggi dan naik dibandingkan bulan sebelumnya,” kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN Kita secara virtual, Jumat (21/10/2022

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu bahkan memprediksi akan terus meningkat hingga Oktober dan November ini. Dan barulah pada akhir tahun terjadi penurunan saldo.

“Ini salah satu pola belanja yang sepertinya semua terkonsentrasi di Desember,” katanya.

Ia berharap pemda dan kementerian atau lembaga bisa mengakselerasi belanja agar tersalurkan lebih cepat, namun demikian penggunaan anggarannya tetap fokus terhadap target yang ingin dicapai.

“Kita harap pemerintah daerah maupun kementerian lembaga di pemerintah pusat bisa mengakselerasi belanja menjadi lebih cepat, namun tetap lebih fokus agar dampak ke masyarakat dan ke perekonomian bisa dirasakan,” katanya.

suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Target Ekspor Pertanian Kaltim Tahun Ini Rp 14 Triliun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.