Info Bencana Gelar Syukuran Hari Jadi ke 6 Tahun

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com— Memasuki usia ke 6 tahun, Info Bencana Balikpapan menggelar syukuran secara sederhana namun meraih. syukuran terasa spesial karena digelar bertepatan pada Hari Kemerdekaan RI ke 74 tahun.

Lokasi syukuran pun dilakukan ditempat biasa kumpul para jurnalis yakni di belakang Bank BRI Klandasan, Balikpapan, Sabtu siang (17/8/2019).

Dalam syukuran ini, pengurus menyediakan nasi tumpeng dan rujak serta nasi kotak untuk dipantau bersama -sama. Acara Syukuran dihadiri langsung Pembina IB Hasbullah Helmi yang juga Kadisdukcapil, Kepala BPBD Balikpapan Suseno, pengurus dan puluhan anggota IB yang juga mayoritas dari Jurnalis, serta perwakilan instansi yang ada di Balikpapan.

Helmi bersyukuran usia 6 tahun info bencana menunjukan eksistensi dengan soliditas dan responsive yang cepat dari anggota IB di lapangan setiap ada bencana apapun di Balikpapan.

Helmi mengupas sedikit lahirnya IB karena waktu itu penanganan bencana kurang cepat termasuk informasi yang ada kurang akurat namun  dengan sinergisitas yang dibangun pemerintah kota khususnya BPBD dan masyarakat, instansi terkait termasuk relawan bencana, penanganan bencana menjadi lebih cepat dan terkordinir lebih rapi.

“Karena itu di lapangan kita bentuk Info bencana yang didalamnya banyak jurnalis. Itu awalnya. Karena  mereka-mereka inilah yang mencari berita di jalan akhirnya berkembang info bencana bukan hanya kebakaran, longsor  tapi  pohon tumbang pun diinformasikan. Pmerintah butuh informasi kunci keberhasilan ini informasi sebanyak-banyaknya,” jelasnya.

Foto Info Bencana

IB memiliki moto untuk kemanusian dan menyatuan. Siang ini dari berbagai unsure hadir. “Walaupun awalnya grup BBM sekarang grup Watt apps ada 200 lebih yang masuk di info. Saya tidak ingin disebut anggota IB itu bukan hanya yang punya kartu tapi mereka yang tergabung dalam di grup Watt Apps kita ya itulah anggota kita,” ucapnya.

Baca juga ini :  Kebahagian Peserta kaltimtara Bisa Nonton Langsung MotoGP Mandalika

Helmi  berharap ini kekompakan tetap berjalan dengan kerja-kerja untuk kemanusian tetap eksis. “Mudah-mudahan IB kiprahnya di masyarakat makin sukses,” katanya saat acara syukuran.

Kepala dinas BPBD Suseno menyampaikan ucapan selamat dan rasa syukur atas hari jadi IB ke 6 tahun.

Suseno mengakui keberadaan relawan bencana seperti Info Bencana sangat membantu kerja BPBD. Kordinasi dan komunikasi serta kerjasama dengan pihak lain menjadi kunci penting pencegahan bencana.

“Mungkin kalau ada program-program kita bisa latihan nanti kita kembangkan kedepanya karena ini kepentingan masyarakat kota. Inti kami sangat terbantu dengan keberadaan IB dan sekaligus ini sosialisasi kepada masyarakat dulu kan ada masyarakat yang mengganggu petugas saat penanganan, ada yang memukul dan merusak sampai selang dipotong dalam 3 tahun terakhir sudah tidak ada. Tentu ini salah satu peran dari IB terus mensosialisasikan kondisi di lapangan seperti memberikan perioritas jalan bagi pemadam. Sekarang ini kita kembangkan terus seperti ini dengan lebih baik lagi,” tukasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.