Akses Jalan tembus Kilometer 1 Soekarno Hatta - Ja;lan MT Haryono Balikpapan

Jalan Alternatif Kilometer 7 – MT Haryono Masih Perlu Perbaikkan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan –Pemerintah Kota Balikpapan akan melakukan ujicoba jalur alternative untuk mengurai kepadatan arus kendaraan di simpang tiga kilometer 5,5 Jalan Soekarno Hatta Ballikpapan Utara pada saat libur Natal dan Tahun Baru.

Jalur alternative tersebut yakni dimana PT. Sinar Mas Land selaku pengembang perumahan Grand City  membangun akses jalan tembus yang menghubungkan Jalan Soekarno Hatta di kilometer 7 dengan Jalan MT Haryono. Sehingga kepadatan kendaraan bisa diurai

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan, saat ditinjau jalan alternative tersebut, masih perlu perbaikkan Karena ada beberapa titik yang rusak. Begitu un perlengkapan jalan, seperti rambu jalan harus dilengkapi

“Memang ketika kami tinjau masih ada beberapa titik dengan kondisi aspal yang rusak, sehingga harus diperbaiki. Rambu jalan, marka dan traffic light juga perlu dilengkapi” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana.

“Kondisi kemiringan jalan di beberapa tikungan tidak sesuai standar alinyemen horizontal, sehingga perlu perbaikan geometrik persimpangan khususnya di Simpang jalan Soekarno Hatta kilometer 7 jadi banyak yang harus dibenahi.”

Selain itu kata dia, perlu diatur soal pembatasan kendaraan yang boleh melintas. Sehingga jalan tidak cepat rusak. Pekerjaan jalan alternative tersebut, sudah hampir rampung. Kondisi badan jalan yang dibangun dengan aspal sepanjang 2,3 kilometer sudah rampung.

“Selain itu juga akan ada pembatasan muatan maksimal kendaraan 5 ton yang boleh melintas dengan batas kecepatan kendaraan maksimal 40 km/jam,” ujarnya.

Saat ini hanya tinggal pembuatan taman median jalan. Pengembang Grand City rencananya baru akan membuka resmi akses jalan alternative yang  menghubungkan Jalan Soekarno Hatta Km 7 dengan Jalan Jalan MT Haryono pada Februari 2020.

“Target kami akan mulai dibuka secara resmi oleh Wali Kota Balikpapan pada Februari 2020 bertepatan dengan HUT Kota Balikpapan,” kata  Divisi Head Sinar Mas Land Kalimantan dan Sulawesi, Limjan Tambunan.

Baca juga ini :  Telkomsel Umumkan 20 Finalis The NextDev 2016, Tiga Diantaranya Dari Kalimantan

“Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota  Balikpapan untuk jadwal peresmian yang dilaksanakan bertepatan dengan HUT Balikpapan. Kami akan lakukan uji kelayakan dengan melibatkan Dinas Perhubungan.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.