BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – PT Angkasa Pura I membuka peluang bagi maskapai penerbangan untuk mengembangkan rute potensial dari dan ke Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan.

Hal itu untuk meningkatkan jumlah kunjungan karena selama dua bulan terakhir tahun ini, jumlah penumpang turun dratis hingga 24,22 persen. Tercatat jumlah penumpang Januari – Februari 2019 sebanyak 897.829 penumpang dibandingkan tahun 2018  diperiode yang sama mecapai 1.184.744 penumpang.

Sedangkan untuk data pergerakan pesawat Januari – Februari tahun ini hanya sebanyak 9.231 atau turun hingga 13,77 persen. Tahun lalu diperiode yang sama sebanyak 10.705.

Begitupun untuk kargo Januari -Februari tahun 2019 sebesar 8.383.900 kg dibandingkan tahun 2018 diperiode yang sama sebanyak 10.188.123 kg atau secara persentase turun – 17.14 persen.

“Dari berbagai Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I uga tercatat penurunan pertumbuhan di low season ini akibat berbagai faktor ya,  salah satunya harga tiket pesawat yang sedang naik,” ujar ujar General Manager PT. Angkasa Pura I Balikpapan Farid Indra Nugraha

“Namun khususnya di Bandara Sepinggan Balikpapan ada pengaruh juga terhadap beralihnya penumpang ke Bandara APT Pranoto Samarinda. Kalau melihat faktor itu, jadi  wajar jika penurunan ini terjadi, untuk beberapa rute pun tetap namun sementara tidak beroperasi dulu,”

Dia mengungkapkan, berbagai upaya dilakukan dengan mengajak berbagai stakeholder untuk membuka rute baru baik dalam maupun luar negeri guna mempertahankan atau meningkatkan kunjungan.

“Sebagai pihak bandara, kami akan coba mencari partner di Tiongkok untuk diajak kerjasama membuka jalur baru dari Cina Daratan dan Umroh, agar bisa menjadi andalan dari Bandara Sepinggan melihat fasilitas serta panjang runway sudah memadai”. ujarnya.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version