Syarifuddin Odang

Kerap Terjadi Kecelakaan, Dewan Minta Pengawasan Izin Kelayakan Kendaraan Berat Diperketat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Kerap terjadi kecelakaan lalu-lintas yang melibatkan kendaraan angkutan berat, DPRD Kota Balikpapan meminta agar Pemerintah Kota memperketat pengawasan terhadap izin kelayakan operasional  kendaraan.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan Syarifuddin Odang menanggapi banyak kasus kecelakaan lalu-lintas yang melibatkan angkutan berat hingga merenggut korban jiwa khususnya di kawasan Jalan MT Haryono Balikpapan Selatan.

Kondisi jalan yang banyak memiliki tanjakan dan turunan yang curam dan kendaraan angkutan berat yang sudah tidak layak operasional serta beban angkutan yang berlebihan menjadi salah satu faktor utama banyaknya terjadi kejadian kecelakaan.

“Seringnya kejadian ini diakibatkan oleh kondisi kontur jalan di kawasan MT Hartono yang banyak memiliki tanjakan, sehingga kalau kendaraannya sudah tua dan bebannya berlebihan tidak kuat menanjak,” katanya.

“Tidak kuat menanjak di tanjakan yang panjang atau muatan yang dibawa bisa tumpah dan membahayakan pengendara yang lainnya.”

Mengingat jalan MT Haryono statusnya jalan Provinsi, sehingga Politisi Hanura itu meminta agar dicarikan solusi hingga tidak lagi terjadi kecelakaan lalu-lintas. Diantaranya memangkas jalan yang dianggap terlalu menanjak atau curam.

“Pemangkasan sejumlah jalan yang rawan lakalantas akibat kemiriangannya yang cukup curam memang harus dilakukan, untuk itu DPRD segera berkoordinasi dengan beberapa OPD agar lakalantas di jalur yang rawan dan curam bisa diminimalisasi,” tukasnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Tak Patuhi Instruksi Mendagri Kepala Daerah Terancam Sanksi Pemberhentian

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengeluarkan Instruksi Mendagri Nomor 6 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.