Ketua DPR, Puan Maharani. (Dok: DPR)

Masyarakat Dminta Jangan Berlebihan Merayakan Pergantian Tahun

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Masyarakat diingatkan untuk tidak terlalu berlebihan dalam merayakan pergantian tahun, meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut

“Kepada seluruh rakyat Indonesia, selamat menyongsong tahun baru 2023,” ujar Keta DPR RI Puan Maharani dikutip dari laman DPR.

“Mari kita menyambut tahun baru dengan perasaan sukacita, terutama karena PPKM secara resmi sudah dicabut,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (31/12/2022).

Masyarakat agar tidak terlalu euforia dalam merayakan pergantian tahun baru. Menurut Puan, keramaian di titik-titik acara atau tempat wisata pada liburan akhir tahun harus disikapi dengan bijaksana.

“Meski kondisi Covid-19 di Indonesia sudah relatif membaik, tapi jangan euforia berlebih. Saya mengimbau masyarakat untuk tidak lengah,” ungkap mantan Menko PMK itu.

Masyarakat juga diajak untuk mengikuti anjuran Pemerintah, seperti tetap menggunakan masker di area keramaian dan di ruang tertutup. 

Selain itu, ia meminta masyarakat yang belum menerima vaksin dan booster agar mendatangi pusat-pusat vaksinasi untuk mendapat vaksin. “Antisipasi harus selalu diutamakan sehingga kondisi kita yang sudah membaik dari Covid-19 tetap dipertahankan, dan terus semakin membaik,” urainya.

Lebih lanjut, Puan mengingatkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, serta pihak berwajib untuk memastikan keamanan di momen pergantian tahun. Ia juga menegaskan agar penyelenggara acara dan pengelola tempat wisata dapat menegakkan protokol keamanan dan keselamatan.

“Fasilitas pendukung seperti posko kesehatan mutlak diperhatikan. Penyelenggara juga jangan abai terhadap standar keselamatan acara, dan tidak boleh melanggar aturan kapasitas pengunjung,” tegas Puan.

Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu menyarankan warga untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di penghujung tahun 2022. Puan meminta masyarakat terus mengikuti perkembangan informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Baca juga ini :  Gunakan Metode TAA, Korlantas Polri Tinjau TKP Lakalantas di Muara Rapak

“Waspada selalu terhadap segala potensi bencana. Terus perhatikan keselamatan diri dan keluarga,” sebutnya.

Puan menambahkan, momen pergantian tahun pun perlu menjadi ajang berkumpul bersama keluarga maupun orang-orang terdekat. Tak hanya itu, rasa syukur juga perlu dipanjatkan di momen pergantian tahun. 

Apalagi, kata Puan, berbagai bencana dan tantangan melanda Indonesia sepanjang tahun 2022. Di antaranya Gempa Cianjur, kejadian tragedi Kanjuruhan, dan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar.

“Tantangan yang terjadi di tahun 2022 harus dijadikan pembelajaran agar kita selalu mawas diri dan siap dalam mitigasi bencana,” ucap Puan.

Puan menyebut, berbagai tantangan masih akan dihadapi Indonesia di tahun 2023. Mulai dari penyesuaian aktivitas masyarakat setelah PPKM dicabut, ancaman resesi ekonomi, hingga tahun politik jelang Pemilu 2024.

“Dengan semangat gotong royong masyarakat dan seluruh elemen bangsa, saya yakin kita dapat menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Indonesia pasti bisa bangkit pasca pandemi Covid-19,” kata Puan. (aha) 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.