Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Budiono dalam pembahasan rencana proyek pengembangan TPA Sampah Manggar di Swiss-Belhotel Balikpapan, Rabu (26/10/2022).

Pengelolaan Sampah di Balikpapan Dikeluhkan, Retribusi di Perumahan Mahal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pengelolaan sampah di Kota Balikpapan masih menjadi sorotan.  Karena dianggap belum cukup baik. Masih banyak dikeluhkan masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Budiono dalam pembahasan rencana proyek pengembangan TPA Sampah Manggar di Swiss-Belhotel Balikpapan, Rabu (26/10/2022).

“Memang kita belum bisa mengatasi sampah baik dari hulu sampai hilir. dalam hal ini bagaimana kita bisa mengelola dengan baik,” ujar Budiono.

Dia mengatakan, pengelolaan sampah tersebut bukan hanya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Manggar tapi juga sampah-sampah di masyarakat.

“Yang maksudkan mengatasi dari hulu sampai hlirnya, bukan hyanya mengelola sampah di TPA nya , tapi kita juga ingin mulai dari sampah-sampah yang sekarang baik di perumahan maupun di rumah tangga itu kita belum bisa mengelola dengan melaksanakan regulasi kita,” ujarnya

Dirinya masih kerap menerima keluhan  warga, terkait retribusi sampah di perumahan-perumahan yang dianggap sangat mahal. Berbeda dengan yang tertuang dalam rekening listrik.

“Karena bagaimana pun kami mendengar, kami melihat dari masyarakat itu pungutannya itu masih ada sedikit belum memenuhi harapan,” ujarnya

“Di perumahan itu pungutannya masih mahal. Kalau pembayaran di listrik itu sudah standar, saya pikir sudah tercover dengan masyarakat,”

Kata dia, rektribusi mahal tersebut karena pengelolaannya kewenangan perumahan tersebut. Namun Pemerintah Kota Balikpapan melalui stakeholder terkait juga diharap bisa hadir.

“Tapi yang di perumahan-perumahan mahal sekali, karena ini emmang kewenangan perumahan. Namun yang tetap mengelola kita kan yang di Dinas lLngkungan Hidup,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  Sang Legenda Dewaruci Open Ship 4 Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.