BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- KPPU Wilayah V Balikpapan meminta masyarakat lebih bijak dan cerdas dalam mengkomsumsi kebutuhan daging untuk kebutuhan Ramadan terutama jelang lebaran tahun ini.

Bukan hanya kebutuhan daging sapi segar tapi juga pemerintah pusat telah menyediakan daging beku sebagai subtitusi/pengganti guna memenuhi kebutuhan daging saat lebaran.

“Konsumen perlu berbelanja bijak bahwa ada alternative  daging beku yang harganya bisa bersaing bisa selesih40-50 ribu. Itu bisa saving buat konsumen,” kata Ketua KPPU Wilayah V Balikpapan Abdul Hakim Pasaribu saat Forum Jurnalis dengan Komisioner KPPU RI Guntur Saragih dan KPPU wilayah V Balikpapan di kantor Gedung Keuangan Balikpapan, Jumat(17/5/2019).

Dia berharap masyarakat bia diedukasi melalui media sehingga kenaikan harga daging ini tidak naik tajam seperti harga daging bawang putih yang lalu.

“Artinya ada barang alternative subtitusi yang bisa mengantikan naik harga daging kecuali nggak ada penggantinya kayak bawang putih itu,” tandasnya.

Abdul Hakim menyebut saat ini harga daging sapi segar kisaran Rp120 ribu. Bahkan ada yang capai Rp130 ribu perkg seperti di pasar Klandasan. Jelang lebaran diperkirakan bisa naik kembali. “Biasanya pengalaman tahun ke tahun jelang lebaran itu ada kenaikanlah tapi ngak lebihi angka Rp140 ribu,” ulasnya.

Kota Balikpapan kata Abdul Hakim bukan daerah penghasil ternak sapi namun banyak didatangkan dari luar pulau seperti Palu, Gorontalo, atau daera lainya.

“Pada Ramadan saat ini laporan dari rumah potong Balikpapan perhari 10 ekor tapi biasanya menjelang lebaran biasanya ada peningkatan. Masalah sapi ini datang bukan dari wilayah kita tapi dari luar pulau,” jelasnya.

Sehingga masyarakat Balikpapan atau Kaltim secara alami bergantung kebutuhan daging sapi segar dari luar.

“Daging sapi ini bukan pabrikasi misalnya ada peningkatan kebutuhan kita langsung tingkatkan produksi tapi memang itu budidaya.atas hal ini pemerintah punya alternative yakni daging beku ini, ada daging kerbau juga,” jelasnya.

Dia juga mencontohkan dengan kebutuhan daging ayam potong yang juga tersedia daging ayam beku. Saat harga daging ayam segar naik, pemerintah  dapat menekan harga daging ayam beku di retail modern dengan mengikuti harga acuan pemerintah. “Dan itu bisa menekan harga ayam di pasar tradisional,” ucapnya.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version