Sang Legenda Dewaruci Open Ship 4 Hari


BALIKPAPAN – Mulai hari ini 25-28 Maret masyarakat Balikpapan bisa berkesempatan mengenal lebih dekat keistimewaan kapal kebanggaan Indonesia Dewaruci,  di pelabuhan Semayang. 

Kapal legendaris milik TNI AL, Dewaruci bersandar di dermaga Pelabuhan Semayang Balikpapan, Senin (25/3) pagi.

Selama berada di pelabuhan Semayang Balikpapan, kapal Dewaruci menggelar open ship bagi warga Balikpapan. Masyarakat bisa melihat dari dekat kapal legenda tanpa dipungut biaya. 

“Open ship, pagi sampai malam. Ini kapal punya rakyat dan untuk rakyat. Setelah dari sini kembali ke Surabaya,” kata  Brigjen Marinir Endi Supardi, Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (25/3/2019). 

Masyarakat bisa melihat kemegahan dari kapal yang telah keliling dunia sebanyak 2 kali ttersebu. 
Tampak tiga tiang utama berwarna kuning menjulang tinggi ke langit, dengan tali-tali kapal yang saling menjuntai membuat kapal buatan HC Stulcken & Sohn Shipyard di kota Hamburg, Jerman pada 1952 silam ini tampak kokoh dan perkasa.

Endi Supardi mengatakan  kapal Dewaruci digunakan untuk praktek taruna dan latihan.Ada  108 taruna yang berlayar dan singgah di Balikpapan.

“Semua taruna tiap angkatan pasti mengalaminya, sebelum penjurusan ke 5 korps yaki teknik, elektro suply, pelaut dan marinir,” jelasnya. 

Di kapal Dewaruci TNI AL ini ratusan taruna dan taruni, mengenal laut secara langsung. Sekitar 2 minggu mereka melaut setelah lepas jangkar dari Surabaya. Di atas kapal yang sudah 66 tahun berada di Republik ini, teknik dan cara berlayar mereka harus ketahui.

Selama di Balikpapan, para taruna ini akan menyambangi sekolah-sekolah untuk melakukan giat promosi, kemudian juga mngunjungi Pangdam, Kapolda dan Kepala Daerah setempat.

“Selama di Balikpapan akann bertatap muka dengan Pangdam, Kapolda dan Walikota. Selain itu juga ke beberapa sekolah yang ada di Balikpapan,” tukasnya. 

Baca juga ini :  Marina Masih Ingin Kembali Kuliah ke China

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.