Setiap Hari Butuh 2000 Kantong Darah, sering Kurang Golongan O Dan AB

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –
Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan bersama dengan PMI Kota Balikpapan melakukan pemeriksaan kesehatan dan donor darah yang diikuti kepala OPD atau pejabat di lingkungan pemerintah kota setelah libur lebaran 2022.

Ketua PMI Kota Balikpapan drg Dyah Muryani menyebutkan setiap bulannya dibutuhkan 2000 lebih kantong darah. ” Itu minimal ya kadang lebih dan kami harus menyiapkan darah itu baik melalui UTTD PMI maupun UTTD RSKD untuk memenuhi kebutuhan pasien terutama anak-anak talesemia, leukimia, cuci darah, kecelakaan, dan ibu melahirkan. Pas ada ide wali kota kita sambut,” ujar Dyah Muryani.

Kata Dyah, Golongan darah O dan AB merupakan jenis golongan darah yang sering kurang stoknya.

“Kebetulan pak wali kota darahnya O. Kemarin kita keliling ke perusahaan maupun ke Angkasa Pura,” tambahnya.

Dyah Muryani mengatakan, pihaknya berharap bisa menjaring donor darah sukarela (DDS) terutama yang pemula, supaya mereka selanjutnya bisa menjadi pendonor darah yang setia.

“Kegiatan ini sangat membantu karena saat ini PMI masih mengalami kurangnya darah,” katanya.

Untuk ketersediaan darah di PMI Kota Balikpapan, diakuinya kini sedang terbatas, bahkan ada stok habis. Ada beberapa stok golongan darah, namun yang paling sulit adalah golongan darah O dan AB.

“Selain itu yang juga sulit adalah donor plasma konvalesen,” jelasnya.

Dyah mengimbau kepada pemilik golongan darah O dan AB dapat mendonorkan darahnya, karena saat ini sangat dibutuhkan dan stoknya kian menipis.

“Yang banyak golongan darah A dan B,” ungkapnya.

Ia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan darah dengan cara menjaring DDS yang baru termasuk yang lama akan tetap terus dipelihara juga seperti TNI, Polri, IMI, Pertamina, termasuk Hotel yang selalu setia mendonorkan darah.

Baca juga ini :  Soroti Berita HOAX, Bisa Dipidana dan Haram

“Walaupun sebagian pendonor ada yang melakukan dengan cara mobile unit,” akunya.

Dalam hal ini tugas utama dari PMI membantu masyarakat yang memang setiap hari membutuhkan transfusi darah di Kota Balikpapan.

“Hal ini adalah satu pelayanan kemanusiaan yang bisa diberikan oleh PMI kepada masyarakat, rumah sakit yang membutuhkan bantuan daripada darah tersebut baik dalam bentuk darah segar,” terangnya.

Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dilakukan di aula pemkot Balikpapan yang diikuti wali kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud dan jajarannya setelah rapat coffe morning, Senin (9/5/2022).

Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan mengetahui kesehatan kita semua agar betul-betul sehat siap bekerja kembali. Memang ini perlu dilakukan pemeriksaan enam bulan sekali apalagi setelah liburan panjang mungkin lelah dan mungkin ada perubahan pola konsumsi.

“Nah ini kita cek dulu karena bapak Walikota mengarahkan kita semua karena setelah ini kita harus bekerja gaspoll,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota dr Andi Sri Juliarty.

“Mudah-mudahan hasilnya baik dan donor darah bisa disumbangkan ke PMI yang akan diteruskan kepada pasien yang membutuhkan nanti,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.