BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hingga kini sudah lebih dari 700-an kepala Keluarga (KKP) keluarga miskin (gakin) di Balikpapan Timur yang mendapatkan pemasangan gratis air besih PDAM.

Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Budiono mengatakan, pemasangan air bersih PDAM sesuai janji politik Wali Kota dan tertuang dalam 9 rekomendasi RPJMD.

“Ada 9 poin ya, jadi janji politiknya Pak Wali Kota itu akan memeberkan sambungan gratis kepada warga yang tdak mampu,” ujarnya pada Senin (09/08/2021).

Dia mengungkapkan, program pemasangan gratis air bersih PDAM itu berbeda dengan program MBR (masyarakat berpenghasilan rendah. Karena skemanya subsidi.

“Nanti programnya itu 1.300 sambungan gratis . Kalau MBR itu berbeda, itu program pemerintah, itu subsidi tetap bayar.,” ujarnya

Namun kata dia, untuk pemasangan sambungan baru tersebut, khusus wilayah yang telah ada instalasi PDAM maupun pasokkan air bakunya. Jika tidak, sulit direalisasikan.

Di Balikpapan Timur sudah ada Waduk Tritip yang sudah beroperasi. Sebagian wilayahnya juga sudah ada instalasi PDAM. Sehingga program pemasangan gratis bisa direalisasikan.

“Di Timur sudah memenuhi, tapi di Balikpapan Barat itu banyak (warga yang mengajukan pemasngan PDAM), tapi debit airnya belum bisa memenuhi,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk anggaran pemasangan baru tersebut, dialokasikan dalam APBD Balikpapan Perubahan 2021. “Kita mendukung karena itu janji politiknya Pak Wali,” ujarnya.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version