Wali Kota Balikpapan Tinjau Pelaksanaan  Tes Antigen Acak di Bandara Sepinggan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Pemerintah Kota Balikpapan mulai melaksanakan tes antigen acak pasca libur lebaran yang menyasar penumpan pesawat dengan tujuan akhir di Kota Balikpapan, adapun lokasi kegiatan difokuskan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Sabtu (7/5/2022).

Tampak Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud bersama unsur Forkopimda, GM Bandara Sepinggan dan didampingi Asistem Tata Pemerintahan, Kepala Dinas Kesehatan, Kasatpol PP, Kepala Diskomifo, Dishub, meninjau langsung pelaksanaan tes antigen secara acak di Bandara Sepinggan.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan bersama dengan sejumlah stakeholder yang telah melaksanakan kegiatan tes antigen acak selama arus balik pasca dari libur lebaran tahun 2022 ini.

“Pelaksanaan tes acak antigen ini kami laksanakan sesuai dengan instruksi dari Menteri Dalam Negeri yang mana dilaksanakam tes antifen acak minimal 90 sample dan kita hari ini lebih dari 100 sample kami ambil,” ujar Rahmad Mas’ud kepada Inibalikpapan.com disela-sela pengecekan tes antigen, Sabtu (7/5/2022).

Rahmad juga berharap agar mudah-mudahan dalam pelaksanaannya tidak ada warga yang positif Covid-19 dari hasil tes acak antigen dan semua dalam keadaan sehat.

“Hal ini kami lakukan juga bagian dari pada  ikhtiar kita semua untuk memutus dan mencegah pentebaran covid-19 di Indonesia,khususnya di Kota Balikpapan,”akunya.

Apalagi Kota Balikpapan sebagai pintu gerban Kalimantan Timur dan pintu gerbang menuju Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Penajam Paser Utara (PPU) perlu adanya kewaspadaan kondisi penyebaran Covid-19, artinya saat warga mudik lebaran ke kampung halaman dan kembali lagi ke Balikpapan harus benar-bebar sehata terbebas dari Covid-19.

“Paling utama kegiatan tes antigen acak ino akan kita lakukan di pintu-pintu masuk ke Kota Balikpapan seperti Bandara Sepinggan dan Pelabuhan Semayang,” ujar Rahmad.

Baca juga ini :  Haryadi Optimis Persiba Masih Bisa Lolos Degradasi

Rahmad menambahkan, kondisi Covid-19 di Kota Balikpapan juga mulai landai,terlihat dari kasus penambahan covid-19 yang tidak ada dalam beberapa hari ini, semetara yang masih dalam tahap perawatan atau isolasi mandiri per Jumat (6/5/2022) hanya ada tersisa lima kasus di Kota Balikpapan.

“Dengan tidak adanya kasus Covid, tentunya jadi keuntungan bagi kita semua masyarakat aman dan tidak ada lagi pembatasan dalam beraktivitas,” imbuhnya.

“Meski saat ini Kota Balikpapan statusnya berada di PPKM level 3 hingga 9 Mei mendatang, kita berharap dengan kasus yang melandai akan menurunkan status PPKM Balikpapan berada di level 1,” harapnya.

Sementara itu, Kepala DKK Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan, pelaksanaan tes antigen secara acak  dilakukan sebab tingginya mobilitas masyarakat melakukan mudik saat perayaan Lebaran.

“Kami akan melakukan di Bandara Sepinggan, Pelabuhan Semayang, Insya Allah kita akan melakukan test antigen acak 7 Mei 2022. Namun untuk pelaksanaannya di pelabuhan kita akan melihat jadwal kapal yang datang,” ujar Andi Sri Juliarty.

Lanjut Dio, biasa Andi Sri Juliarty disapa, untuk antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19, ada arahan dari Pemerintah Pusat bahwa dari tanggal 6 hingga 8 Mei semua daerah wajib melakukan tes antigen acak di pintu masuk kedatangan.

“Kami akan lakukan bersama tim satgas kota dipimpin pak Zulkifli,  karena biasanya tingginya kasus Covid-19 di Balikpapan berasal dari pendatang setelah mudik,” kata Dio. 

“Jadi memang kita akan melakukan random test antigen acak kepada masyarakat yang akan masuk dan datang ke Kota Balikpapan. Sehingga kita bisa mendeteksi secara lebih baik jika ada masyarakat yang masuk kota Balikpapan, bergejala dan berpotensi bawa Covid-19,” terangnya.

Dio berharap, dengan dilakukannya test antigen acak tersebut, dapat mengantisipasi dan menekan penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Balikpapan. Terlebih pasca libur Lebaran.

Baca juga ini :  Hutan Tergerus, Harimau Sumatera dan Orangutan Terancam Punah

“Kita semua berharap, pasca libur Lebaran Idulfitri tahun ini, dapat berjalan aman, tidak ada penambahan kasus Covid-19 atau pun terjadi cluster baru di kota Balikpapan,” tuturnya. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.