Wali Kota Balikpapan Tinjau Pelaksanaan USBD di SMPN dan SD

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Daerah (USBD) mulai berlangsung sejak hari ini, 9 Mei hingga 13 Mei 2022 mendatang. Untuk melihat pelaksanaannya, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud meninjau sekaligus memberikan semangat kepada anak sekolah peserta ujian, di SMP Negeri 2 Balikpapan dan SDN 003 Balikpapan Kota pada Senin (9/5/2022).

Didampingi Pj Sekda Kota Balikpapan, Muhaimin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Purnomo dan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty, Wali Kota berkeliling ke setiap ruangan kelas sembari memberikan motivasi kepada peserta ujian.

“Anak-anak tetap semangat ya ujiannya, harus serius dan tekun dalam menjawab soal-soal yang diberikan,” ujar Rahmad Mas’ud memberikan semangat.

Rahmad juga berpesan kepada peserta ujian agar membaca soal-soal yang diberikan dengan baik dan pahami terlebih dahulu. 

“Baca soal dengan tenang, pahami dan setelah itu baru dijawab. Jangan lupa awali dengan doa, yakin dan percaya diri untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” pesan Rahmad.

Disampaikannya bahwa pelaksanaan ujian sekolah merupakan syarat untuk pemenuhan kriteria kelulusan untuk anak-anak kelas 6 di jenjang SD dan kelas 9 di jenjang SMP. 

“Ini adalah salah satu kriteria untuk kelulusan, untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta dapat mengikutinya dengan serius dan belajar sungguh-sungguh sehingga mendapatkan nilai yang baik dan lulus dengan predikat terbaik pula,” harapnya.

Rahmad menambahkan, dengan mengikuti ujian sekolah buat Kelas 6 SD dan kelas 9 SMP yang melaksanakan ujian khususnya bagi yang SMP karena menggunakan sistem online, Pemkot Balikpapan berharap mereka bisa mengikuti ujian ini semua dan terima kasih kepada para guru- guru yang sudah memberikan ilmu dan pengetahuan kepada anak-anak, serta selama ini telah dititipkan pembinaan.

Baca juga ini :  Kaltim akan Belajar dengan Jakarta Jika Penerapan PSBB

“Dari laporan Kepala SMP 2 Balikpapan sebelum ujian sekolah ini dilaksanakan, sudah dilakukan simulasi beberapa kali dan mudah-mudahan tidak ada halangan terhadap ujian anak SMP yang menggunakan sistem online, karena kalau SD masih menggunakan lembar soal,” akunya.

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan dalam mendukung dunia pendidikan, salah satunya pada tahun ajaran baru, Pemkot Balikpapan akan membantu memberikan seragam sekolah gratis bagi siswa yang akan masuk sekolah kelas 1 SD dan kelas 7 SMP.

“Tahun ajaran baru ini program kami sudah mulai berjalan, ini salah satu upaya dalam membantu dunia pendidikan termasuk membangun SMP baru di wilayah Balikpapan Barat yang saat ini masih dalam tahapan pembangunan fisiknya,” tutup Rahmad.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.