Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan jajaran pengurus di Basecamp DPP PSI, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023). [Suara.com/Dea]

10 Parpol Terancam Tak Lolos ke Senayan, Termasuk PPP dan PSI

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menyebutkan, hanya 8 partai politik (parpol) yang kemungkinan akan melenggang ke senayan.

Artinya, dari 18 parpol yang ikut Pemilu 2024, ada 10 parpol yang kemungkinan tidak akan memenuhi ambang batas 4 persen, karena elektabilitasnya rendah.

Dari hasir survey seperti yang dikutip inibalikpapan, terlihat mayoritas masih parpol yang selama ini berada di senayan yang lolos penuhi ambang batas.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuakan (PDIP) masih di puncak dengan perolehan 19,6 persen, diikuti Partai Gerindra dengan 17,2 persen. Lalu Partai Golkar dengan 12,1 persen

Selanjutnya ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 9,5 persen dan  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 7,9 persen.

Sementara Partai Demokrat dengan 6,9 persen, Partai NasDem dengan 6,7 persen dan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 6,4 persen.

Sementara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang selama ini selalu lolos parlemen justru diperkirakan tidak akan lolos parlemen karena hanya meraih 2,2 persen.

Selain itu juga, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang kini digawangi putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang justru hanya meraih 2,0 persen.

Kemudian Partai Perindo justru hanya meraih 1,2 persen. Begitupun Partai Ummat yang digawangi Amien Rais hanya meraih 0,3 persen.

Partai Gelora juga hanya meraih 0,4 persen, Partai Bulan Bintang (PBB) hanya meraih 0,2 persen, Partai Buruh juga hanya meraih 0,01 persen.

Sedangkan Partai Garuda hanya meraih 0,1 persen dan partai kebangkitan Nasional (PKN) yang digawangi Anas Urbaningrum hanya meraih 0,0 persen. Adapun tudak tahu maupun tidak menjawab sekitar 7,0 persen.

Baca juga ini :  PDAM Balikpapan Kesulitan Bangun Sumur Dalam

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.