BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Plt Kepala DMPTSP Kota Balikpapan Hasbullah Helmi mengatakan, secara geografis Kota Balikpapan diuntungkan untuk tempat berinvestasi dimana dari target investasi, Kota Balikpapan tertinggi di Kaltim tahun 2022 sekitar 14 triliun tercapai, dan 2023 ditarget Rp 17 triliun dan saat ini sudah mencapai 48 persen realisasinya.

“Kota Balikpapan diuntungkan karena adanya IKN yang akan mengundang para investor yang semakin ramai menanamankan modalnya,” ujar Hasbullah Helmi kepada media, Selasa (8/8/2023).

Saat ini untuk diperizinan juga menerapakan 48 persen dan 52 persen yang kita keluarkan, kalau untuk izin pemukiman yang akan membangunan besar seperti rumah sakit.

“Yang mana kalau perumahaan baru 40 persen dan 60 persen. Jadi 40 persen sebagai PSU yang harus diserahkan ke Pemkot seperti Jalan, RTH, Bendali,” akunya.

Kata Helmi penerapan 48 persen dan 52 persen yang diterapkan untuk menjaga konsistensi kita sesuai aturan, dimana dalam hal investasi kita juga menyusun rancangan umum penanaman modal, karena kedepan ada panduan dan dasar hukum dalam menentukan investasi yang akan dilakukan.

“Termasuk mengupdate peta investsi dan akhir tahun diharapkan selesai sehingga investor tidak banyak tanya lagi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, target realisasi investasi Kaltim tahun 2023 ditetapkan sebesar Rp64,5 triliun. Pada triwulan I (Januari-Maret) 2023 ini tercatat realisasi investasi mencapai angka Rp15,42 triliun.

Rinciannya, realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp11,36 triliun (3.573 proyek) dan realisasi penanaman modal asing (PMA) sebesar US$274,45 juta atau sebesar Rp4,06 triliun (448 proyek).

“Alhamdulillah, sesuai laporan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) ternyata nilai realisasi investasi kita naik. Artinya, ekonomi masyarakat juga naik,” ucap Gubernur Isran Noor baru-baru ini. 

Bagi Isran, kenaikan ini bukan karena Kaltim telah menjadi Ibu Kota Nusantara (IKN). Tapi, investor dalam negeri dan luar negeri atau asing melihat Kaltim masih memiliki potensi besar dalam pengembangan pertumbuhan ekonomi dunia. 

Selain itu Kaltim juga masih memiliki kekayaan alam yang luar biasa besarnya dan kini telah menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia sebagai penyumbang devisa negara melalui penurunan emisi karbon melalui program FCPF Carbon Fund  World Bank atau Bank Dunia. 

“Jadi, kita bersyukur dan masyarakat diminta untuk tetap menjaga kedamaian daerah, sehingga investasi terus meningkat,” pesan Gubernur Isran Noor. 

Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Harjanto menjelaskan, peningkatan investasi ini tidak lepas dari adanya kebijakan duet pemimpin Kaltim, Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi.

 “Berkahnya, capaian realisasi investasi pada triwulan I tahun 2023  Rp15,42 triliun mengalami peningkatan sebesar 3,03 persen dibandingkan triwulan I 2022 Rp14,93 triliun,” jelas Puguh Harjanto, Selasa 1 Agustus 2023.

Sedangkan jika dibandingkan dengan target realisasi investasi tahun ini yang sebesar Rp64,5 triliun, maka baru mencapai 23,91 persen. 

Sementara, jika melihat dari mana realisasi investasi tersebut meningkat. Yakni realisasi investasi berdasarkan lokasi. 

Realisasi PMDN triwulan I tahun 2023 mencapai Rp11,36 triliun, dengan jumlah proyek sebanyak 3.573 dimana berdasarkan sebaran lokasinya seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Timur mendapatkan tambahan realisasi investasi.

Investasi paling besar berada di Kota Balikpapan, yaitu mencapai Rp3,94 triliun atau 35,07 persen dari keseluruhan realisasi investasi PMDN. Investasi terbesar kedua sebesar Rp2,56 triliun atau 22,55 persen berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Kutai Timur menjadi kontributor terbesar ketiga yaitu mencapai Rp1,55 triliun atau 13,72 persen.

“Terkait penyerapan tenaga kerja Indonesia, Kota Samarinda paling banyak penyerapannya yaitu sebanyak 3.252 orang, kemudian disusul Kabupaten Kutai Timur sebanyak 2.304 orang. Sedangkan jumlah tenaga kerja asing sebanyak satu orang,” jelasnya.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version