2024, DPU Bangun 150 Unit IPAL

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) berkomitmen terciptanya air limbah yang terkelola dengan baik, tanpa pencemaran lingkungan. 

Hal ini ditegaskan dalam kegiatan sosialisasi bertajuk “Wujudkan pengelolaan air limbah domestik aman melalui kerja bersama Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) yang handal” di Hotel Pasific Balikpapan, Selasa (28/11) kemarin pagi.

Dinas PU melalui Bidang Penyehatan Lingkungan dan Pemukiman (PLP) merencanakan pembangunan sebanyak 150 unit Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Individu atau biasa disebut tangki septik individu secara cuma-cuma alias gratis di tahun anggaran 2024 mendatang. 

Peserta dalam kegiatan sosialisasi ini sendiri berasal dari berbagai unsur, termasuk perwakilan kecamatan dan kelurahan se-Balikpapan.

Kepala DPU Balikpapan Rita didampingi Kabid PLP DPU Balikpapan Nurlaili mengatakan bahwa program ini sendiri telah berjalan sejak 2 tahun terakhir dan mendapatkan bantuan hibah dari kementerian. 

Di mana pada tahun 2023 ini telah dibangun 90 titik IPAL Individu di beberapa kawasan di Balikpapan.

“Untuk tahun 2024 mendatang kita targetkan pembangunan mencapai 150 titik dengan anggaran murni dari APBD 2024. Artinya ada peningkatan dari tahun ini, karena sejauh ini dampaknya sangat baik,” ungkap Laili.

Program ini, lanjutnya, merupakan bagian dari visi DPU Balikpapan dalam memberikan akses layak dan aman dalam pengelolaan air limbah domestik bagi masyarakat. Harapannya tidak ada lagi masyarakat yang Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Sedangkan syarat bagi masyarakat penerima bantuan ini mesti melalui pendataan yang dilakukan oleh masing-masing RT, kemudian diserahkan kepada pihak kelurahan dan selanjutnya akan dilakukan survei dari Bidang PLP DPU Balikpapan.

“Fokusnya pada MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), namun memiliki lahan dengan status kepemilikan atau legalitas yang kuat. Serta jangkauan dan akses lebih mudah  bagi petugas saat melakukan penyedotan lumpur tinja,” terang wanita berjilbab ini.

Baca juga ini :  Tips Liburan Aman Ditengah Pandemi Covid-19

Sementara itu, tidak hanya IPAL Individu, di tahun 2023 ini pihaknya juga telah membangun IPAL Komunal yang merupakan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALDT) atau biasa disebut septic tank yang dilakukan secara terpusat untuk kelompok rumah tangga.

Tahun ini DPU telah merealisasikan sebanyak 4 IPAL Komunal, yakni di Kelurahan Manggar Baru 2 titik, Kelurahan Sepinggan Raya 1 titik dan Kelurahan Damai Bahagia 1 titik. 

“IPAL Komunal ini difungsikan agar lebih aman pada saat dibuang ke lingkungan, sesuai dengan baku mutu lingkungan. Limbah cair dari rumah penduduk dialirkan ke bangunan bak tampungan IPAL melalui jaringan pipa,” pungkas Nurlaili.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.