Antisipasi Kenaikan Harga, DP3 Sebar 500 Ribu Bibit Ikan Tawar

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan berencana menyebar sebanyak 500 ribu bibit ikan air tawar di sejumlah danau.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga ikan saat cuaca buruk, yang menyebabkan nelayan tidak bisa melaut.

Memang cuaca yang terjadi sekarang sangat berpengaruh sekali terhadap penghasilan nelayan, makanya harga ikan di pasaran agak naik. 

“Rata-rata kenaikan harga ikan di pasaran berkisar 5 persen, karena banyak dari mereka yang tidak bisa melaut, akhirnya tangkapannya sedikit,” kata Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan Heria Prisni kepada wartawan di Balai Kota Balikpapan, Senin (2/1/2023).

Ia menerangkan bahwa pihaknya berencana memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa selain hasil laut juga ikan lokal juga diminati.

Mulai tahun ini, pihaknya akan mencoba membibitkan, untuk persiapan tahun yang akan datang, dengan menyebar bibit ikan lokal sekitar 500.000 bibit di danau-danau.

Sehingga ketika musim nelayan tidak melaut, mereka bisa mencari ikannya di danau-danau tersebut. Ada beberapa varietas ikan yang akan disebar di antaranya ikan haruan dan ikan papuyu.

“Nanti kita akan data danau mana yang bisa, mudah-mudahan kita bisa sudah direalisasikan pada ulang tahun Balikpapan nanti,” pungkasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Memasuki Musim Tanam, PKT Pastikan Penyediaan Pupuk Bersubsidi Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.