Bandara SAMS Sepinggan Sigap Atasi Luapan Air Akibat Curah Hujan Tinggi

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Curah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kota Balikpapan pada hari Kamis mulai pukul 02.00 WITA dini hari sampai dengan pukul 04.30 WITA yang mengakibatkan beberapa wilayah terendam banjir. Kejadian serupa juga terjadi di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Hujan yang tak kunjung berhenti mengakibatkan luapan air dibeberapa area Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Luapan air tersebut tidak hanya dipicu oleh hujan durasi yang cukup lama namun saluran air yang menuju ke laut terhambat oleh pasang air laut. 

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Rika Danakusuma menjelaskan Terjadinya hujan dengan intensitas tinggi pada dini hari tadi, air sempat memasuki area pelataran terminal kedatangan. Luapan air terjadi sekitar pukul 03.00 WITA. Para petugas yang berjaga dengan sigap berupaya menghalau air yang coba masuk lebih kedalam lagi.

“Upaya lain yang dilakukan oleh Petugas Bandara SAMS dengan membuka mainhole yang terdapat di area Pick-Up Zone untuk mempercepat proses penyerapan air. Perlu disampaikan juga untuk sistem drainase Bandara SAMS Sepinggan tidak ada yang tersumbat,” terangnya.

Dalam upaya menjaga operasional Bandara tetap berlangsung dengan baik, dilakukan mitigasi berupa penutupan sementara area yang terdampak dan membuka jalur emergency sehingga para penumpang yang datang tidak terganggu.

Lebih lanjut Rika menyampaikan bahwa kondisi luapan air yang masuk hingga pelataran sudah kembali normal “pada pukul 08.12 WITA area sudah bersih dan selama proses pembersihan tidak mengganggu operasional Bandara”, tegas Rika.

Comments

comments

Baca juga ini :  Ini Empat Varian Baru Covid-19 yang Telah Masuk Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.