Bangunan Mapolresta Balikpapan Selesai Dikerjakan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com –  Pembangunan gedung baru Kepolisian Resort (Polres) Balikpapan akhirnya rampung dibangun mencapai 100 persen.

“Untuk progres penyelesaian Mapolres sudah selesai 100 persen sejak 31 Desember 2023 dan itu sesuai dengan kontrak kami,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Balikpapan Rita, dalam jumpa pers di Balai Kota Balikpapan, Selasa (2/1/2023).

Rita menyebut, bangunan Polres itu terdiri dari tiga gedung, baik gedung utama maupun gedung penopang, semua gedung itu dibangun di atas lahan 2,3 hektare dan setiap gedung memiliki tiga lantai.

“Gedung itu pertama kali dilakukan ground breaking pada 29 Maret 2016 silam,” akunya.

Lanjutnya untuk anggaran pembangunannya dialokasikan melalui dana hibah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan, dengan rincian pada tahun 2015 Polresta Balikpapan mendapat dukungan APBD  sebesar Rp25 miliar, tahun 2016 Rp20 miliar, tahun 2017 Rp 5 miliar, tahun 2018 Rp10 miliar dan tahun 2019  sebesar Rp7,5 miliar.

Adapun wujud fisik bangunan sudah terlihat, namun progres pembangunan gedung terhenti di tahun 2020 akibat pandemi COVID -19 melanda yang berimbas penerapan kebijakan recofusing anggaran.

Menurutnya memasuki tahun 2023, pembangunan gedung baru Polresta Balikpapan akhirnya kembali berlanjut setelah Pemkot Balikpapan kembali mengucurkan hibah dengan nilai kontrak Rp21 miliar. 

“Untuk hibah di tahun 2023 ini berupa barang, sebelumnya hibah berupa dana tapi bukan PU yang mengerjakan, maka kami tidak mengetahui secara rinci progres sebelumnya, tapi yang pasti ada 10 tahapan dan sekarang sudah dilalui semua,” tutur Rita.

Dikemukakannya pembangunan gedung baru Polresta Balikpapan  tersebut sebagai upaya membangun wajah baru Kota Balikpapan sebagai mitra dari Ibu Kota Negara (IKN) yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Baca juga ini :  Janji Bima Sakti Tak Akan Bikin Was-was Pecinta Sepak Bola Tanah Air di Laga Final Lawan Vietnam

Secara terpisah, Kapolresta Balikpapan Komisaris Besar Polisi Anton Firmanto mengaku bersyukur atas capaian pembangunan yang telah rampung di akhir tahun 2023.

“Sekarang kami tinggal merapikan saja dan secepatnya akan kami gunakan gedung baru Polresta Balikpapan ini,” ujar Anton.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.