Beri Jaminan Keamanan, Bandara Sepinggan Gelar ASC ke-IV

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan gelar Airport Security Committee (ASC) ke-IV sebagai salah satu upaya tingkatkan kesiagaan personil keamanan dan sinergitas bersama stakeholder Bandara.

Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Administrasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang dihadiri oleh Direktur Keamanan Penerbangan, Kepala Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan, Kepala Badan Intelijen Negara Kalimantan Timur, Kapala kepolisian Resort Kota Balikpapan, Komandan Pangkalan TNI AU Dhomber Balikpapan,  Komandan Komando Distrik Militer 0905 Balikpapan, Komandan Satuan Radar 223 Balikpapan, Kepala Kantor Customs, Immigration & Quarantine, Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Prov. Kalimantan Timur, Ketua Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme Kalimantan Timur, Kepala Stasiun Metereologi Balikpapan, General Manager Airnav Balikpapan, Kepala Unit Pelayanan Informasi Aeronautika Wilayah Balikpapan serta Pimpinan Airlines dan Ground Handling.

Dalam rapat koordinasi tersebut Rika Danakusuma, General Manager Bandara SAMS Sepinggan dalam sambutannya menyampaikan “Sebagaimana amanah yang dituangkan pada KM 211 tahun 2020 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional, bahwa pelaksanaan rapat Airport Security Committee (ASC) di tingkat bandar udara dilaksanakan sekurang-kurangnya 4 (empat) kali dalam setahun.”

“Seperti yang kita ketahui bersama kegiatan operasional Bandar Udara merupakan highly regulated activity atau yang kita kenal dengan sebutan 3S+1C (safety, security, services & compliance). Hal tersebut bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan bagi para pengguna jasa melalui pemenuhan persyaratan keamanan secara ketat, konsisten dan berkesinambungan,” ujar Rika.

Ambar Suryoko, Kepala Otoritas Bandara Wilayah VII yang hadir dalam kegiatan tersebut turut menyampaikan “Kami mengapresiasi pelaksanaan ASC pada hari ini dalam upaya meningkatkan keamanan serta sinergi bersama para stakeholder Bandara. Dalam pertemuan ini salah satunya kita juga akan membahas tentang peningkatan keamanan kargo sesuai Instruksi Keamanan Penerbangan AO.201/32/9/djpu/dkp/2022.”

Baca juga ini :  Wajib Uji Swab Tak Menurunkan Jumlah Penumpang di Bandara Sepinggan

Dalam kesempatan yang sama Rika juga menyampaikan “Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, kami mengundang seluruh stakeholder yang tergabung dalam anggota komite keamanan di Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan beserta instansi terkait, untuk melihat dan menilai kembali sistem dan prosedur keamanan yang telah diterapkan di tahun 2022. 

“Tentu saja hal ini sebagai bahan evaluasi dalam rangka penyempurnaan, sebagai syarat regulasi, sekaligus assurance bagi pengguna jasa,” tutup Rika

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.