KUnjungan Dewan Transportasi Kota Jakarta ke Balai Kota Balikpapan

Berkunjung ke Balikpapan, Dewan Transportasi Jakarta Sebut 2030 Bebas Kemacetan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) berkunjung ke Balai Kota Balikpapan pada Rabu (12/10/2022). Mereka memaparkan peran dan strategi mengatasi kemacetan Jakarta.

Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta Berman Limbong mengatakan, Dewan Transporasti Kota Jakarta dibentuk berdasarkan Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi dan Peraturan Gubernur (Pergub).

“Maret 2023 berakhir . Kami ada 8 pilar program kerja. Jadi peran Dewan Transportasi Kota Jakarta sangat strategis sekali, khusus bidang transporasi,” ujar Limbong dalam pemaparannya.

Mendapatkan anggaran subsidi dari APBD DKI Jakarta yang cukup besar, salah satu yang menjadi tugas yakni melakukan percepatan integrasi transporasi dan tata ruang untuk penguatan ekonomi.

“Kitasekarang mendirong percepatan integrasi transporasi dengan tata ruang di

agar Jakarta bisa terbebas dari kemacetan,” ujarnya.

Menurutnya, sesuai kebijakkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, transportasi publik khususnya angkutan darat yang digunakan sebanyak 10.047 unit , dari bus besar, sedang hingga kecil.

“Lalu itu akan juga di dukung transportasi berbasis rel baik di darat maupun diatras yakni  MRT,” ujarnya

Kata dia, targetnya 2024 sebenarnya 60 persen pergerakan orang di Jakarta menggunakan angkutan umum, sepeda hingga berjalan kaki. Namun target itu harus diundur hingga 2030 karena pandemi.

“Kalau lihat tratorar kita di lebarin, itu bagian dari untuk memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki dan banyak koridor-koridor sepeda yang telah disiapkan,” ujarnya.

“Sehingga ketika 60 persen pergerakan orang di Jakarta mempergunakan angkutan umum, jalan kaki, dan sepeda maka Jakarta akan terbebas dari kemacetan.”

Comments

comments

Baca juga ini :  Kantor Gubernur Kaltim Tutup Hingga 10 Agustus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.