https://www.pexels.com/id-id/foto/smartphone-mengambil-foto-telepon-genggam-layar-sentuh-6743130

Perbandingan Layar PLS LCD vs AMOLED, Apa Bedanya?   

Inibalikpapan.com — Layar PLS LCD merupakan teknologi layar LCD yang diproduksi langsung oleh Samsung. Teknologi layar ini memberikan kecerahan warna pada layar smartphone Anda jauh lebih baik, selain itu Anda akan menemukan sudut pandang yang juga lebih bagus pada gambar di layar handphone.

Layar PLS LCD vs AMOLED jika dilihat dari harganya, tentu saja lebih terjangkau PLS LCD. 
Karena layar AMOLED sendiri butuh ongkos produksi jauh lebih banyak sehingga handphone dengan kapasitas layar AMOLED akan dijual dengan harga yang cukup tinggi. Sementara untuk layar PLS atau disebut juga dengan PLS TFT, Anda bisa menemukan layar kualitas terbaik dengan harga yang lebih terjangkau. 

Apa Itu Layar PLS LCD pada Smartphone?
Karena layar PLS LCD umumnya digunakan smartphone dari merk Samsung. Maka Anda akan menemukan model layar ini pada HP Samsung, salah satunya Samsung Galaxy a03s dan beberapa tipe Samsung lainnya. Layar PLS LCD memang tidak lebih baik dari super AMOLED. Namun panel layarnya masih terbilang cukup baik terutama untuk menampilkan visual layar.

Hal ini tentu saja layar dari TFT atau PLS LCD ini produksinya lebih murah sehingga mampu digunakan pada banyak HP Samsung dengan harga terjangkau. PLS LCD,  hadir tidak hanya pada handphone kategori entry-level saja tapi juga kelas menengah  ke bawah.

PLS LCD banyak disebut sebagai layar IPS tapi versi perangkat Samsung. Namun perlu diketahui bahwa keduanya masih tetap punya perbedaan. Pada layar TFT, punya kualitas warna dan kontras yang lebih baik. 


Ada baiknya memilih handphone dengan PLS LCD yang juga didukung oleh pelindung layar. Akan lebih baik juga, jika layar yang digunakan oleh smartphone tersebut dari Gorilla Glass apalagi untuk tipe terbaru. Upaya ini dilakukan untuk membuat layar handphone Anda terlindungi sehingga smartphone juga lebih awet. 

Baca juga ini :  Merubah Wajar Pasar Tradisional, Seluruh Pasar akan Direvilitasi Bertahap

Kelebihan dan Kekurangan PLS LCD
Setelah mengetahui apa itu layar PLS dan sekalian membandingkan antara PLS LCD vs AMOLED, kini tentu Anda juga perlu tahu apa kekurangan dan kelebihan dari model layar tersebut. Berikut akan dijelaskan beberapa kelebihan dan kekurangannya pada poin yang berbeda.


Kelebihan

Ada beberapa kelebihan yang bisa anda temukan pada layar PLS LCD, terutama bagi Anda yang menginginkan handphone dengan harga terjangkau.

Harga Jauh Lebih Murah

Yang pertama tentu saja layar ini biaya produksinya jauh lebih murah di pasaran. Perlu diketahui bahwa PLS LCD dapat ditemukan pada smartphone Samsung untuk kategori harga yang terjangkau saja. Hal ini untuk membuat lebih banyak lagi peminat HP Samsung dari kelas entry level hingga kelas menengah. 

Kategori HP Samsung dengan layar PLS LCD,  umumnya dijual dengan harga dibawah dua jutaan. Anda bisa menemukan model-model Samsung dengan PLS LCD, baik secara online maupun offline. 


Sudut Penglihatan Meningkat

Keunggulan lain pada layar HP ini adalah terdapat teknologi peningkatan kecerahan hingga 10% untuk sudut penglihatan Anda. Hal ini tentu bermanfaat bagi Anda yang sering menatap handphone dalam waktu yang lama dan tetap merasa nyaman. Tingkat kecerahannya, 10% tersebut dianggap lebih cerah jika dibanding dengan handphone yang menggunakan layar dari teknologi lain. 


Kualitas Gambar yang Dihasilkan Baik

Karena kecerahannya meningkat,  otomatis kualitas gambar yang dihasilkan juga jauh lebih baik. Apalagi warna yang dihasilkan dari layar tersebut juga jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan teknologi layar.


Sehingga meskipun Anda membeli handphone dengan harga yang murah, tapi kualitas gambar yang dihasilkan oleh layar handphone tetap saja memuaskan. Jadi bisa dibilang, Anda mendapatkan harga yang murah tapi kualitas handphone tetap tidak murahan. 

Baca juga ini :  Kebutuhan Air Bersih Tinggi, PDAM Canangkan Program Peningkatan Pelayanan


Kekurangan


Dari berbagai kelebihan yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentu saja ada beberapa kekurangan dari layar PLS LCD ini. 


Pilihan Warna Lebih Terbatas

Untuk layar PLS LCD masih memiliki kekurangan yaitu terdapat pilihan warna yang cukup terbatas. Pilihan warna yang disediakan terlalu gelap dan kurang terang. Ini dibuktikan dari tes screenshot gambar terbilang masih gelap dan lambat. 


Digunakan Pada Smartphone Harga Murah

Sudah beberapa kali disebutkan sebelumnya bahwa layar PLS LCD diperuntukkan bagi smartphone dengan harga yang murah. Sementara diketahui pula smartphone dengan harga terjangkau memiliki banyak kekurangan dari segi fitur. Jadi mungkin akan ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan ketika ingin membelinya.


Saat ini saja, masih sedikit sekali pilihan smartphone yang menggunakan layar PLS untuk kategori smartphone kelas atas. 

Kemampuan Kurang Pada Display Fingerprint

Layar PLS ternyata punya kekurangan pula, pada kemampuannya untuk handphone dengan fitur keamanan fingerprint. Pada beberapa ponsel pintar yang menggunakan layar PLS belum bisa melakukan display fingerprint. Padahal seperti diketahui, rata-rata smartphone di zaman sekarang memiliki fitur ini. 

Selain itu layar PLS juga dianggap cukup boros daya. Alasannya karena tingkat kecerahan yang dihasilkan untuk layar, jadi akan menghabiskan konsumsi daya lebih cepat. 

Kini tentu Anda sudah tahu perbandingan antara layar PLS LCD vs AMOLED. Sehingga setelahnya Anda akan lebih mudah membandingkan jika ingin membeli handphone dengan spesifikasi tertentu sesuai dengan kebutuhan. Untuk yang berencana membeli smartphone dengan spesifikasi layar terbaik, maka Anda bisa menemukannya di toko online terpercaya Indonesia, Blibli. Blibli memiliki katalog smartphone terlengkap di Indonesia dari merk apapun.

Selain itu, Blibli juga menawarkan produk-produk smartphone dengan harga yang terjangkau. Bahkan Anda juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan promo dan diskon menarik setiap pembelian produk smartphone dan produk lainnya, tentunya hanya di Blibli.

Baca juga ini :  Ruhut Sitompul : Sudah Polisi Cepatlah Dia Diborgol
Ini pencarian Populer:PLS LCD,pls lcd vs amoled,https://www inibalikpapan com/perbandingan-layar-pls-lcd-vs-amoled-apa-bedanya/,pls lcd vs super amoled,layar pls,pls lcd adalah,lcd pls vs super amoled,lcd tft vs pls lcd,tipe pls lcd,layar pls lcd vs amoled,layar pls lcd atau amoled yang nyaman di mata,lcd pls,layar pls lcd,layar hp pls ips,kelebihan kekurangan layar hp pls,kekurangan samsung a03s,ke unggulan layar pls sama amoled,https://www inibalikpapan com/perbandingan-layar-pls-lcd-vs-amoled-apa-bedanya/#:~:text=Inibalikpapan com — Layar PLS LCD pada gambar di layar handphone,awet mana layar IPS lcd TFT pls amoled super amoled

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.