BPBD dan Basarnas Amankan Libur Nataru, Jaga Wisata Pantai Manggar

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Guna memberikan rasa aman selama libut natal dan tahun bagi warga yang berekresi ke tempat wisata Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan bersama dengan Badan Pencarian dan Pertolongan (SAR) Balikpapan (Basarnas Kaltim) menyiagakan puluhan personel untuk melakukan pengamanan di kawasan wisata pantai Manggar, Balikpapan Senin (25/12).

.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Balikpapan, Usman Ali mengatakan, sesuai dengan arahan pimpinan daerah dalam hal ini Wali Kota. BPBD Balikpapan dalam rangka Nataru ini  melakukan pengamanan khusunya pantai Manggar dan sejumlah pantai lainnya.

“Untuk itu  kita bersiaga, dalam hal ini mengingatkan masyarakat agar berhati-hati dalam proses mereka berwisata.Disini BPBD Balikpapan bersama Basarnas juga beberapa unsur lain TNI, Polri dan  beserta teman teman relawan lainnya, bersama -sama untuk memantau kegiatan masyarakat,” ujarnya.

Usman juga terangkan untuk di pos khusunya di pantai Manggar, pihak BPBD dan Basarnas juga turut melakukan pengamatan dan pengamanan pada masyarakat.  

Baik itu pemantau dan pengamanan dari sisi darat,  kemudian disisi di pantai juga ada dengan  menunggukan kapal. Kemudian,  untuk  jumlah personel yang disiagakan itu masing -masng di atas 10 personel.

“Jadi memang kita sebar, mudah-mudahan nanti pengamatan dan pengamanan ini bisa berjalan baik. pengamanan ini kita lakukan pertama di hari natal dan dua hari libur nasional 25-26 Desember dan akan kita lanjutkan di tahun baru,” jelasnya.

Disamping  itu, ia juga terangkan, untuk jarak aman pantai Manggar pihaknya  juga berikan pembatas atau tanda kurang lebih yakni 30 meter kedepan dari pantai menuju ke arah laut.

“Kalau ada pengunjung yang melewati itu kami ingatkan. Karena  permukaan laut Manggar ini berbeda dengan laut  lainnya yang  tiba tiba dalam,” tandasnya.

Baca juga ini :  Memperkenalkan Keragaman Budaya Pada Anak Usia Dini Melalui Lomba Mewarnai Standarpen

Hal senada juga disampaikan, Kasi  Oprasi Basrnas Provinsi Kaltim, Basri pihaknya bersama dengan BPBD itu selalu bersinergi dalam pengamanan  pariwisata khusus untuk pantai  Manggar. 

“Dari Basarnas sendiri dalam pengamanan sudah di mulai dari tanggal 18 Desember sampai dengan 7 Januari 2024 mendatang. Untuk tim Basarnas selalu standby. Jadi  ada empat regu kami siagakan yang masing -masing tersebar baik itu di pantai, Bandara, Pelabuhan Smayang dan Pelabuhan Kariangau,” pungkasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.