Cegah Kemacetan Saat HUT Kota, Dishub Balikpapan Siapkan Rekayasa Jalan dan Shuttel Bus

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Jelang peringatan HUT ke-127 Kota Balikpapan yang diawali dengan sidang paripurna istimewa, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan menyiapkan rekayasa jalan.

Kepala Dishub Kota Balikpapan Adwar Skenda Putra mengatakan, terkait kegiatan paripurna dalam rangka HUT ke-127 Kota Balikpapan yang akan dilaksanakan di Hotel Tjokro Balikpapan pihaknya sudah menyiapkan sebuah rekayasa.

“Karena kantong parkir di Hotel Tjokro ini terbatas, maka kita imbau kepada para tamu dan undangan untuk melakukan sistem drop atau menggunakan sopir,” ujar Adwar Skenda Putra kepada media, Senin (5/2/2024).

Edo biasa Adwar Skenda Putra disapa menambahkan, atau para tamu dan undangan bisa memanfaatkan shuttel bus yang disiapkan di Rumah Jabatan Walikota

“Jadi nanti kendaraan diparkirkan di rumah jabatan, kemudian tamu dan undangan kita alihkan menggunakan shutel bus, ini juga antisipasi kemacetan,” akunya.

Begitupun pada upacara bendera HUT Kota yang akan dilaksanakan di halaman BSCC Dome, maka akan ada rekayasa jalan, dimana untuk jalan Ruhui Rahayu akan kita tutup, sedangkan untuk jalan Manunggal dibuka satu arah.

“Nantinya yang dari arah jalan Sepinggan Baru kita mau menuju Dome kita tutup dan melintasi di Jalan Kasih,” akunya.

Rekayasa jalan ini akan sama dilakukan pada saat pesta rakyat nantinya di bulan Maret, untuk sementara disiapkan pada saat Upacara HUT Kota dulu.

“Dua hari jelas upacara akan kami siapkan imbau di kawasan tersebut, agar masyarakat bisa memahami rekayasa jalannya,” akunya.

Pemerintah Kota Balikpapan  menggelar pesta rakyat di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome pada malam puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Balikpapan ke 127 yang jatuh pada 10 Februari.

“Pesta Rakyat ini rencananya digelar di pekan ketiga Februari atau minggu pertama Maret 2024,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan Sudirman Djayaleksana  sebagai Panitia HUT Kota tahun ini  di Balikpapan.

Baca juga ini :  Stadion Benuo Taka Segera Diverifikasi untuk Kandang Persiba

Dia menuturkan selama rangkaian agenda pesta rakyat nantinya, dua jalur yang melintasi pintu masuk BSCC Dome atau tepatnya di sepanjang jalan Ruhui I mulai dari Kantor Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) hingga kantor PKK Balikpapan akan ditutup.

Sudirman menjelaskan bahwa penutupan jalur itu digunakan untuk lokasi parkir di satu jalur, kemudian untuk jalur lainnya akan digunakan sebagai tempat-tempat kuliner yang menyiapkan makanan dan minuman sebanyak 18.000 porsi secara gratis untuk seluruh masyarakat di Kota Balikpapan.

Menurutnya pesta rakyat tersebut melibatkan UMKM yang akan menjual makanan dan minuman hasil kerjasama antara Pemkot dengan pelaku UMKM se Kota Balikpapan. 

Lanjutnya, tak hanya itu,  agenda pesta rakyat juga dilengkapi dengan konser musik lintas generasi atau dari tiga generasi masing-masing tahun 1990-an, 2000 dan milenial serta dangdut Pantura an.

Sudirman menuturkan, untuk seluruh kegiatan pendanaan akan ditanggung oleh Pemkot Balikpapan yang bekerjasama dengan perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Balikpapan.

“Jadi selain dari panitia pelaksana, kami juga mengajak pihak sponsor serta juga ada dari anggaran kepanitiaan,” jelasnya.

Dia menuturkan HUT Kota Balikpapan itu juga dimeriahkan kegiatan lainnya seperti perlombaan olahraga mulai dari basket, karate, hingga IMI kontes slalom mobil.

“Tapi itu agendanya menyesuaikan, sebab HUT Kota ini berdekatan dengan masa tenang dan pencoblosan atau Pemilu 2024 yang jatuh pada 14 Februari,” ujar Sudirman.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.