ilustrasi covid-19
ilustrasi covid-19

Epidemiolog Ingatkan Pemerintah, Kasus COVID-19 Masih Terjadi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Epidemiolog Dicky Budiman mengingatkan Pemerintah tetap waspada, karena kasus COVID-19 masih terjadi di sejumlah negara.

Dia mencontohkan virus cacar monyet atau monkeypox yang sebenarnya sudah lama ditemukan dan menjadi endemi di Afrika. Kini muncul lagi dan menyebar ke 15 negara di eropa.

Monkeypox ini endemi di Afrika dan saat ini dia bahkan menjadi epidemi dan bahkan bisa menjadi endemi juga di benua atau negara lain karena emang tidak serius dunia menghadapi monkeypox yang sebetulnya PR lama ini,” kata Dicky dalam diskusi Transparency International Indonesia, Rabu (25/5/2022).

Karena itu, Dicky meminta pemerintah Indonesia tidak menjadikan endemi sebagai target utama penanganan COVID-19 karena bisa menimbulkan rasa aman yang semu di masyarakat.

“Kita tidak bisa menjadikan COVID-19 ini ditargetkan status endemi, karena kalau kita jadikan itu sebagai target, kita akan merasa ya nggak apa-apa, biasa saja,” ujarnya

Dicky menyarankan agar kondisi yang terkendali saat ini dipertahankan terus tanpa terlalu fokus dengan narasi endemi, sebab virus COVID-19 tetap ada dan masih menjadi pandemi di dunia.

“Ancaman pandemi ke depan semakin sering, dalam 20 tahun terakhir saya menyaksikan hampir setiap lima tahun ada pandemi atau epidemi,” kata Dicky.

suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  DPRD Ajak Dewan Pengurus Dayak Ciptakan Kerukunan Antar Suku di Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.