Google Rayakan Hari Lahir Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak Si Doel

BALIKPAPAN, inibalikpapan.com- Google merayakan hari lahir Aminah Cendrakasih dengan menampilkan doodle di halaman awal pencarian hari ini, Senin (29/1).

Aminah, yang lahir pada 29 Januari 1938 di Malang, menjadi ikon sebagai peran Mak Nyak dalam sinetron legendaris Si Doel Anak Sekolahan.

Dalam doodle yang muncul, Aminah Cendrakasih diilustrasikan dalam sebuah televisi jadul, lengkap dengan selendang yang mengingatkan pada perannya yang ikonik.

Dilansir dari suara.com, doodle ini bertujuan untuk memperingati salah satu entertainer paling produktif dan populer di Asia Tenggara pada masanya.

Menurut informasi dari laman Google doodle, ayah Aminah Cendrakasih adalah seorang komedian, sementara ibunya adalah seorang aktris.

Semenjak masa remajanya, Aminah mengikuti jejak orang tuanya untuk berkarir di dunia hiburan.Debutnya di dunia perfilman terjadi pada tahun 1955 dengan penampilan pertamanya di film “Oh, Ibuku”.

Pada tahun yang sama, ia berakting bersama ibunya dalam “Gambang dari Semarang” dan meraih peran utama pertamanya dalam “Ibu dan Putri”.

Selama beberapa dekade berikutnya, Cendrakasih memerankan lebih dari 100 karakter dalam acara dan film terkenal seperti Taman Harapan dan Si Doel Anak Sekolahan.

Kiprahnya di dunia hiburan tidak hanya diakui oleh penonton, tetapi juga dengan dua Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia, yang diterimanya atas penampilannya yang mengharukan.

Aminah Cendrakasih mengembuskan napas terakhirnya di rumahnya yang terletak di kawasan Jurang Mangu Barat pada Rabu (21/12/2022), meninggalkan dunia pada usia 84 tahun.

Doodle ini memiliki cakupan eksklusif, hanya muncul di wilayah Indonesia. Jika pengguna mengklik ikon doodle, mereka akan diarahkan ke seluruh artikel yang berkaitan dengan Aminah Cendrakasih.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.