Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh

Kasus Covid-19 Melandai Karena Warga Takut Melapor

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh mengungkapkan, mendapatkan laporan dari Satgas Penanganan Covid-19 kemungkinan melandainya kasus covid-19 karena warga takut melaporkan.

Dalam sebulan terakhir kasus covid-19 terlihat melandai. Karena kini rata-rata setiap harinya dibawah 50 kasus positif baru. Berbeda sebelumnya rata-rata setiap harinya 100 hiongga 200-an orang yang terpapar covid-19.

“Melandai bukan berarti habis, tapi tingkat kematian masih tinggi karena masyarakat yang terdampak covid-19 itu merasa ketakutan kalau di rumah sakit,” ujar Abdulloh, Senin (29/03).

Sementara kasus kematian justru tinggi. Dimana berdasarkan data Minggu (28/03) kemarin, seluruhnya ada 540 kasus kematian. Sehingga hal ini yang menjadi perhatian para wakil rakyat tersebut, harus bisa ditekan

“Laporan satgas tadi masyarakat yang sakit dan kenapa meninggalnya yang lebih tinggi karena dirawat di rumah masing-masing, tidak melaporkan,” ujarnya

“Artinya bisa saja menurunnya karena masyarakat tidak mau melapor. Karena kalau melaporkan bis alangsung dtahan (di RS), gak boleh pulang tidak bisa berinteraksi dengan keluarga,”

Secara kumulatif jumlah yang terpapar mencapai 14.912 kasus, sebanyak 231 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit, sebanyak 348 pasien isolasi mandiri, sebanyak 13.793 pasien sembuh.

“Padahal tidak melapor beresiko dengan keluarga yang lain justru tertular,” ujar Abdulloh.

Baca juga ini :  Dekatkan Pelayanan, Bapenda Kaltim Buka Kantor Samsat Pembantu di Kelurahan Graha, GSB dan Teritip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.