Keluarga Besar Disdikbud Balikpapan Donasi Rp 506 Juta Bagi Korban Gempa Sulbar dan Banjir Kalsel

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Pemerintah Kota Balikpapan memberikan apresiasi tinggi kepada keluarga besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan yang ikut peduli terhadap korban musibah gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) dan banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan memberikan bantuan dana yang nilainya cukup besar.

“Apa yang dilakukan oleh kelurga besar Disdikbud Balikpapan ini patut dicontoh karena bagaimana manapun mereka-mereka yang tertimpa musibah baik di Sulbar dan Kalsel juga saudara-saudara kita,” ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi kepada awak media, Jumat (22/01/2021).

Rizal mengatakan, apa yang terjadi di Sulbar dan Kalsel dampaknya juga dirasakan yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim) khususnya di Balikpapan, karena Kalsel dan Sulbar dua daerah yang berdekatan dengan Balikpapan

“Kedua daerah ini juga jadi pemasok kebutuhan pokok kita, jadi sebagian kebutuhan pokok seperti beras, buah buhan, sayur berasal Kalsel dan Sulbar. Pasti dengan adanya bencana ini produksi pertanian mereka pasti menurun,” akunya.

“Kalau sudaghmenurun pasokan ke Balikpapan juga akan terganggu. Kita tahu jika pasokan menurun, maka harga akan mahal,” sambungnya.

Untuk itu penting membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah baik di Kalsel dan Sulbar agar dapat meringankan kebutuhan mereka sehari-hari.

Sementara itu, mewakili keluaraga besar tenaga pendidik di Balikpapan, Kepala Disdikbud Balikpapan, Muhaimin mengatakan, pengumpulan donasi dari keluarga besar Disdikbud ini berawal dari kegiatan coffe morning, dimana pada saat itu pak Wali Kota mengajak OPD untuk bersama-sama bisa membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah bencana baik di Sulbar dan Kalsel.

“Kami langsung menginstruksikan kepala sekolah dan teman-teman tenaga pendidikan untuk berdonasi, jadi pada hari Selasa dan Rabu walupun dalam WFH, sekolah-sekolah menghimpun donasi kemudian kamis dikumpulkan ke Disdikbud,” jelas Muhaimin.

Adapun dari donasi tersebut terkumpul dana sekira Rp 506 Juta, yang berasal dari Disdikbud Kota Balikpapan, MKKS SMP negeri Kota Balikpapan, MKKS SMP swasta Kota Balikpapan, K3S SD Balikpapan barat, K3S SD Balikpapan tengah, K3S SDBalikpapan utara, K3S SD Balikpapan kota, K3S SD Balikpapan selatan, K3S SD Balikpapan timur, IGTKI Kota Balikpapan dan HIMPAUDI Kota Balikpapan.

“Mudah-mudahan apa yang diberikan oleh keluarga besar Disdikbud dan tenaga pendidikan dan diserahkan ke pak wali, untuk selanjutnya diserahkan kepada PMI dan dilanjutkan sesuaikan kebutuhan bagi saudara kita terkena musibah dan bencana baik di Kalsel dan Sulbar diterima saudara kita dan mendapat barokah untuk kita semua,” aku Muhaimin.

Hal senada disampaikan Ketua PMI Kota Balikpapan, Dyah Muryani menyampaikan, PMI sangat terharu dan berterima kasih kepada tenaga pendidikan yang ada di Balikpapan mengingat donasi yang diberikan cukup besar.

“Insya allah, amanah ini akan kami sampaikan ke mereka yang tertimpa musibah bencana baik di Sulbar dan Kalsel, kami juga tetap selalu memberikan laporan tiap harinya baik dana maupun barang yang terkumpul di PMI ke pak wali,” ujar Dyah.

Diah pun mempersilahkan jika ada perwakilan dari Disdikbud Balikpapan yang ingin melihat langsung proses penyerahkan bantuan baik di Sulbar maupun Kalsel, hal ini sebagai bentuk transparansi dari PMI.

“Terima kasih juga kepada pak Wali yang sudah memberi amanat ke PMI untuk mengumpulkan donasi-donasi dari masyarakat balikpapan untuk nantinya diserahkan ke mereka yang memang membutuhkan baik di Sulbar dan Kalsel,” tutup Dyah.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Rizal: BSCC DOME Lokasi Penyuntikan Vaksin, Yakin Seminggu Selesai

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Pemerintah Kota Balikpapan saat ini tengah mempersiapkan rencana pemberian vaksin covid-19 tahap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.