Rizal Effendi- Rahmad Mas'ud berfoto bersama Ketua DPRD Abdulloh, Wakil Walikota Heru Bambang, Kapolres AKBP Jeffri Juniarta, Dandim Balikpapan Letkol Inf Iwan Budiarso dan pejabat lainya usai Paripurna Istimewa Kamis siang (4/2/2016)

Belum Jelas Kepastian Pelantikan Rizal-Rahmad

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD kota Balikpapan pada Kamis siang (4/2/2016) langsung menyerahkan SK dan dokumen pendukung atas penetapan pemenang Pilkada Balikpapan yang sudha ditetapkan KPUD pada 26 Januari 2016 lalu dan telah diumumkan resmi dalam rapat paripurna istimewa.

Rizal-Rahmad Walikota- Wakil Walikota terpilih pilkada Balikpapan periode 2016-2021 ini diharapkan dapat dilantik pada 15 Februari 2016 di Kantor Gubernur bersama dengan daerah lainya di Kaltim.

Ketua DPRD Abdulloh mengatakan Paripuran DPRD ini merupakan mekanisme yang harus dijalankan untuk langkah pelantikan kepada walikota-wakil walikot terpilih pada pilkada 9 Desember 2015 lalu.

“DPRD wajib mengusulkan pelantikan kepada Kementerian Dalam Negri melalui gubernur Kaltim. Ini sama seperti orang mau nikah, akad nikahnya disini, kalau jadwal tidak berubah 15 Februari itu pelantikan secara massal dilaksanakan di Istana atau dilaksanakan di provinsi, di Samarinda,” terangnya (4/2/2016).

Abdulloh berharap kepala daerah terpilih di Balikpapan dapat dilantik pada gelombang pertama yakni 15 Februari. “Jadi berkas ini paripurna ini langsung kita kirim ke gubernur untuk disampaikan ke Kementerian dijadwalkan pelantikan,” tuturnya.

Surat edaran kemengari nomor 100 tahun 2016 menyebutkan bagi daerah yang tidak ada sengketa pilkada maka pelantikan dapat dilakukan pada Februari 2016 sedangkan yang masih bersengketa atau ada sengketa, pelantikan dilakukan bulan Maret.

Diketahui, Kementerian Dalam Negeri pada 12 Februari mendatang, Presiden Jokowi direncanakan melantik gubernur –wakil gubernur terpilih hasil pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu. Sedangkan pada tanggal 15 Februari Gubernur akan melantik walikota-wakil wakilota/ bupati –wakil bupati terpilih, dimasing-masing kantor gubernur.

Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha belum mengetahui persis kapan pelantikan walikota – wakil walikota terpilih karena yang menentukan Kementerian Dalam Negeri.

Baca juga ini :  Anggaran Rp 49 Miliar Penanganan Banjir, DPU Butuh Terobosan Baru

Menurutnya meskipun Balikpapan sempat bersengketa namun proses penyelesaian berjalan cepat sehingga pada akhir Januari sudah ditetapkan pemenang pilkada. Saat ini masih tersisa kurang dari 12 hari untuk tahap pelantikan pertama pada 15 Februari 2016 mendatang.

“Mestinya sempat. Mudah-mudahan kita masuk di Februari,” tandasnya.

Sementara itu, walikota terpilih Rizal Effendi menyerahkan mekanisme tersebut. Dia tidak ingin pula pelantikan tergesa-gesa

“Walaupun ada pernyataan pelantikan 12 untuk gubernur dan 15 untuk bupati/walikota tapi 15 itu yang dilantik mana saja kita belum tahu. Apakah bulan Februari atau Maret kita tunggu saja,” katanya.

Dari sisi waktu bisa saja Balikpapan diusulkan ikut pelantikan yang Februari . namun hal itu terlalu tergesa-gesa. “ Ya kita nggak tahu, pokoknya ikuti saja,” tukasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.