Kilang Pertamina Unit Balikpapan Sukses Laksanakan Bulan Energy And Loss 2023 

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar penutupan Bulan Energy & Loss tahun 2023. 

Bulan Energy & Loss rutin dilakukan PT KPI setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya efisiensi energi. Rangkaian kegiatan dan kompetisi yang dilaksanakan sejak bulan September hingga Desember 2023 tersebut ditutup di Gedung Banua Patra Balikpapan, Senin (29/01/2024).

Senior Manager Operation & Manufacturing PT KPI Unit Balikpapan Novie Handoyo Anto dalam sambutannya menyampaikan capaian yang didapat PT KPI Unit Balikpapan dalam rangkaian Bulan Energy & Loss tahun 2023.

“Saya mendapatkan berita bahwa sudah dilakukan perbaikan 229 titik bocoran steam yang sudah menghemat kira-kira Rp. 159 juta perbulan. Mudah-mudahan di tahun depan bisa kita tingkatkan. Tentunya kami mengharapkan awareness dan motivasi dari teman-teman frontliner untuk menjadi garda terdepan supaya energi bisa lebih efektif efisien dimanfaatkan oleh RU V,” ujar Anto.

Capaian tersebut merupakan hasil dari kegiatan Zero Steam Leak Competition. Selain itu, Key Performance Indicator (KeyPI) Integrated Loss Control PT KPI Unit Balikpapan juga berhasil mencapai target yang sudah ditentukan yaitu 110 persen. Pada Bulan Energy & Loss 2023 juga, PT KPI Unit Balikpapan telah melakukan Akreditasi Boiler Furnace Optimization (BFO) dengan tingkat kelulusan mencapai 68 persen.

Anto juga menyampaikan apresiasi kepada tim PT KPI Unit Balikpapan yang berhasil menjuarai kompetisi antar Refinery Unit Pertamina. 

“Pada Bulan Energy & Loss tahun 2023, RU V sudah berkontribusi cukup banyak. Saya ucapkan selamat sebesar-besarnya kita telah meraih Juara 1 BFO Accreditation, Juara 2 The Best Zero Steam Leak, Juara 2 The Best Boiler & Furnace Efficiency, Juara 2 Cerdas Cermat Supply Loss dan masih banyak juara-juara lainnya,” ucap Anto.

Baca juga ini :  Pergantian Menteri Pendidikan Diharapkan Tidak Merubah Kuriklum 13

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan di lingkungan PT KPI pada Bulan Energy & Loss tahun 2023 ini meliputi Kick Off Bulan Energy & Loss, Akreditasi Boiler Furnace Optimization (BFO) Pemula & Praktisi, Zero Steam Leak Competition, Boiler & Furnace Efficiency Competition, Workshop Refinery & Working Loss, Sosialisasi Fuel Balance, Visualisasi Operasi dan Optimasi Boiler & Furnace, Cerdas Cermat BFO & Supply Loss serta Closing Bulan Energy & Loss.

Sementara itu, Pjs. Area Manager Communication, Relation & CSR PT KPI Unit Balikpapan Kahfi Haqi Arasyi menyampaikan tujuan dari Bulan Energy & Loss ini. 

“Serangkaian kegiatan Bulan Energi & Loss bertujuan untuk terus mengingatkan dan memberikan semangat kepada seluruh pekerja agar melakukan upaya-upaya efisiensi energi. Upaya-upaya PT KPI Unit Balikpapan terkait dengan pemakaian energi yang efisien tentunya menimbulkan implikasi pada aspek Environmental, Social & Governance (ESG) yang terus dilakukan secara konsisten oleh perusahaan,” tutup Kahfi.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.