BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wakil Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI Kurnia Sya’ranie didampingi anggota KPPU Tresna Soemardi, Kepala KPPU Kalimantan, Kepala Bank Indonesia Suharman Tabrani,Asisten II Sekdakot Balikpapan Sri Sutantinah bersama dinas Pasar melakukan sidak harga-harga di pasar Klandasan, Jumat pagi (13/5/2016).

Rombongan sidak langsung menuju beberapa kios pedagang telur ayam, dilanjutkan ke pedagang bawang, daging ayam dan daging sapi.

Dari tinjauan itu, harga- harga relatif naik namun yang paling signifikan kenaikan harga bawang merah.
Seorang pedagang bawang merah Syahruddin mengakui kenaikan terjadi sejak sebulan lalu.
” Sebelumnya Rp40 ribu perkg sekarang Rp55 ribu, “katanya.

KPPU RI mengakui pihaknya saat ini tengah menelusuri kenaikan harga bawang merah. Harga bawang pasar Klandasan Balikpapan yang diperoleh hari ini sama seperti yang terjadi di daerah lain.

“Ini katanya pasang selebritis yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan pasar lain mungkin dari keputusan ini akan mengecek harga Abdi pasal lain untuk melihat perbedaan harga,” katanya

Langkah KPPU akan melakukan monitoring sebagai lanjut langkah lanjutan sebagaimana diperintahkan Presiden Jokowi untuk masuk bidang pangan.

“Kita juga lakukan diseluruh Indonesia kemarin sudah kita lakukan di Nganjuk. Kemudian nanti Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Batam. Berapa sih sesungguhnya harga bawang,”

Pihaknya berharap jelang puasa harga-harga tidak melonjak tinggi.
“Kenaikan ini harus dijaga betul makanya hari ini kita ketemu tim pemda supaya mengawasi hal seperti ini,”ujarnya

Kurmia menegaskan langkah KPPU tidak sekedar monitoring namun jika ditemukan ada pelanggaran persaingan usaha hal ini bisa masuk dalam perkara.
” Tidak sekedar monitoring. Kita akan masuk perkara seperti soal ayam ini sedang sidang kartel Daging kemarin sudah putus kena sanksi Rp21 m jumlah semua Rp130 miliar,” katanya.

Soal harga Bawang ini KPPU masih dalam penelusuran mengingat rantai distribusi juga panjang. Namun dia meminta agar pemerintah daerah bersama BI dan KPPU melakukan pengawasan dan kordinasi sehingga kenaikan harga-harga kebutuhan dapat dikendalikan.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version