Kunjungi TPS Pemilu, Wali Kota Berharap Partisipasi Warga Hingga 80 Persen

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Jelang pencoblosan rombongan Wali Kota bersama unsur forkopimda meninjau sejumlah TPS pemilu yang ada di Kota Balikpapan, Selasa (13/2/2024).

Kunjungan pertama dilaksanakan di TPS 12 Kelurahan Klandasan Ulu Kecamatan Balikpapan Kota. Kemudian dilanjutkan TPS 02 Kelurahan Karang Jati Kecamatan Balikpapan Tengah, selanjutnya TPS 43 Kelurahan Baru Ilir Kecamatan Balikpapan Barat, keempat TPS 23 Kelurahan Gunung Samarinda Baru Kecamatan Balikpapan Utara, kelima TPS 38 Kelurahan Sepinggan Raya Kecamatan Balikpapan Selatan dan keenam TPS 51 Kelurahan Manggar Baru Kecamatan Balikpapan Timur.

Rahmad Mas’ud memerintahkan kepada seluruh pejabat lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, baik lurah, camat maupun Ketua RT untuk mengajak warganya berpartisipasi dalam pesta demokrasi yang dilaksanakan Rabu (14/2/2024) besok.

“Kami tekankan untuk semua yang punya TPS untuk memastikan warganya bisa hadir, jangan sampai ada yang golput. Itu penekanan kita,” ucapnya.

Seusai memantau, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud meyakini bahwa TPS-TPS di Kota Beriman sepenuhnya sudah siap melaksanakan Pemilu 2024 pada keesokan harinya.

Pun begitu, Rahmad meyakini para pertugas KPPS juga akan bisa melaksanakan tugasnya dengan minim kendala.

“Mereka (petugas KPPS) baik-baik saja, karena sudah ditata dan dikomunikasikan sebelumnya. Seperti memfasilitasi pemilih yang masuk TPS sampai keluar. Kemudian penghitungan suara yang disaksikan hingga Kotak Suara dibawah ke Kecamatan,” ujarnya kepada media.

“Kita doakan mudah-mudahan semua berjalan lancar dihari H,” harapnya.

Kendati demikian, orang nomor satu Balikpapan itu juga turut menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga kondusifitas selama berjalannya Pemilu.

“Mari kita sambut pesta demokrasi ini dengan berpartisipasi untuk menentukan pilihan masing- masing. Dan saya juga himbau kepada pemilh untuk berdoa dahulu saat sholat subuh sebelum datang ke bilik TPS, supaya yang kita coblos ini benar-benar pemimpin yang amanah dan dapat mengayomi masyarakat,” ucapnya.

Baca juga ini :  Masih Ada Piutang PBB Rp238 Miliar, Pemkot Verifikasi Data PBB

Rahmad menambahkan, bahwa Dinas Kesehatan Kota (DKK) melalui setiap Kelurahan juga sudah menyiapkan tim medis selama berjalannya Pemilu 2024.

“Untuk tim medis kami sudah siapkan dari DKK kesetiap Kelurahan. Dan petugas KPPS juga sudah diberikan vitamin,” tutupnya.

Ia mengharap TPS 03 Kelurahan Karang Jati, Kecamatan Balikpapan Tengah bisa meningkatkan partisipasi pemilih mencapai 80 persen.

“Tadi saya tanya sama Pak RT di sini, tahun-tahun kemarin berapa persen, taunya hanya 70 persen. Saya tanya yang lain kemana ya? katanya ada yang malas. Nah kami mintalah dia berkoordinasi dengan Linmas, ‘kan kita punya Linmas. Supaya orang yang punya DPT bisa diajak memilih supaya jangan golput,” pintanya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.