Masjid Ishlahul Ummah Wika Kurban 14 Ekor Sapi, Terapkan Prokes dan Libatkan RPH

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Hari raya Idul Adha 1442 Hijriah pelaksanaan pemotongan hewan kurban, juga terlihat di Masjid Ishlahul Ummah di Perumahan Wika, Balikpapan Utara.

Sebelum melaksanakan pemotongan hewan kurban, lokasi sudah disemprot disinfektan dan para petugas juga sudah diukur suhu tubuhnya sebelum memasuki lokasi penyembelihan. Bahkan petugas pemotongan dilakukan rapid antigen.

“Kita tetap lakukan prokes, termasuk kepada para petugas panitia sebelumnya juga sudah mengikuti kegiatan vaksinasi,” ujar Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Masjid Ishlahul Ummah Jutanto kepada awak media, Selasa (20/7/2021).

Jutanto menambahkan, untuk proses penyembelihan hewan qurban juga melibatkan petugas dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) sebanyak 8 orang yang bertugas untuk menyembelih dan menguliti dan petugas panitia sebanyak 60 orang yang dibagi ke dalam beberapa tugas, seperti penimbangan dan pembungkusan.

“Untuk tahun ini kami menyembelih 14 ekor sapi ada kenaikan dibanding tahun 2020 lalu yang hanya 12 ekor sapi,” akunya.

Padahal ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini masih tinggi seperti saat ini hanya menargetkan 10-12 ekor sapi pada tahun ini, tapi malah mendapat 14 ekor sapi dan tentunya tetap diterima oleh petugas.

“Kami tetap terima karena ini amanah warga kepada kami untuk menyalurkan ke mereka yang membutuhkan,” akunya.

Total dari 14 ekor sapi itu berat daging kurban diperkirakan bisa mencapai 1.100 kg dengan waktu pemotongan selesai pukul 12.00 wita.

“Untuk pembagian daging qurban ada beberapa yang akan menerima seperti warga di 3 RT yakni RT 14,15 dan RT 16 Gunung Samarinda Baru, pantia, panti asuhan, tafsir quran dan beberapa proposal yang masuk ke panitia,” jelasnya.

Agar tidak terjadi penumpukan saat proses pengambilan daging qurban, panitia juga sudah membagi ke dalam beberapa shift pengambilan, sehingga tidak memyebabkan penumpukan warga dan menyiapkan petugas untuk mengatur antrian.

Baca juga ini :  Liga 1 dan 2 Segera Bergulir, Akhir Bulan Izin Keramaian Terbit

“Ada beberapa yang memang kita antar langsung, tapi ada juga warga yang mengambil langsung ke lokasi namun tetap prokes kami laksanakan,” tambahnya.

Pengurus Masjid Ishlahul Ummah, Agus Sujarwo menambahkan pada lebaran kurban tahun terdapat peningkatan. Semula tahun lalu 12 ekor sapi kini 14 sapi.

” Kondisi seperti kita target 12. 10 cadangan 2 tapi rupanya peminatnya kita gak sampai hati menolak. Rata-rata sekitar sini ada 3 RT yakni Rt 14,15 dan 16 tapi ada dari Kutai Hill dan The Green sapinya kurban disini, ” ujarnya.

Pada pukul 10.30, panitia sudah mulai membagi daging kurban kepada warga sekitar. Tidak ada antrian namun pihaknya sudah mengatur pola pengambilan daging.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.