Home / iniFLASH / PCR di Lakesda Kaltim Mulai Dioperasikan
Alat PCR di rumah sakit Pertamina Balikpapan

PCR di Lakesda Kaltim Mulai Dioperasikan

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi meresmikan pengoperasian laboratorium polymerase chain reaction (PCR) di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kaltim, Selasa (02/06)

Dalam aku resmi Instagram Pemerintah Provinsi Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan, dengan beroperasinya PCR UPTD Labkesda Provinsi Kaltim, maka diharapkan akan mampu mempercepat pemeriksaan spesimen  covid-19.

“Ini sebuah kemajuan di laboratorium kesehatan kita. Dimana, PCR ini melengkapi laboratorium bio molekuker untuk pemeriksaan virus corona. Semoga ini mempercepat pekerjaan-pekerjaan kita,” ujar Hadi Mulyadi.

Menurutnya, selama ini pemeriksaan laboratorium lebih banyak mengandalkan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya cukup besar.

“Jadi secara efektifitasnya atau model matematisnya tidak tepat, sebab cost dan ada jeda waktu. Itulah kita harus mensyukuri alat ini. Selain waktu dan biaya, juga bisa digunakan deteksi penyakit lain serta dimanfaatkan jangka waktu lama,” ujarnya

Sementara Kepala UPTD Labkesda Provinsi Kaltim Agus Joko Praptomo menuturkan, PCR tersebutakan  mampu melakukan tiga kali running dalam sehari dari pagi hingga sore dan sekali running bisa memeriksa 92 sampel.

“Minimal dua kali running sehari dan hari Sabtu kami tetap melakukan pelayanan, khusus pemeriksaan virus corona. Untuk pemeriksaan mandiri sebesar Rp1,9 juta per sampel. Itu sudah mendapat subsidi dari pemerintah,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Polda Kaltim Berhasil Amankan Spesialis Pencuri Tali Kapal

Direktorat Polairud Polda Kaltim gelar Konferensi Pers terkait pengungkapan kasus pencurian tali kapal, yang di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.