Mendag Zulkifli Hasan

Pemerintah Terbitkan Permendag Terkait Pengaturan Impor, Berlaku Maret 2024

SEMARANG, Inibalikpapan.com – Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan   (Permendag)   Nomor   36   Tahun   2023 tentang   Kebijakan   dan   Pengaturan   Impor.

Permendag tersebut ditetapkan pada 11 Desember 2023 dan akan mulai berlaku 90 hari sejak tanggal diundangkannya atau 10 Maret 2024.

Permendag Nomor 36 Tahun 2023 mengatur penataan kembali kebijakan impor dengan menggeser pengawasan impor dari post-border ke border dan relaksasi atau kemudahan impor  barang  kiriman  Pekerja  Migran  Indonesia  (PMI).

Selain  itu,  Permendag  Nomor  36  Tahun  2023 juga mengatur fasilitas impor bahan baku bagi industri pemegang angka pengenal importir-produsen status Authorized Economic Operatordan mitra utama kepabeanan.

“Melihat perkembangan dunia sekarang ini, ekspor dan impor perlu kita tataagar  tidak  merugikan Indonesia.  Di  seluruh   dunia  juga  begitu,  impor  diatur  dan  ekspor  dipermudah,” ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dalam siaran persnya.

“Salah  satunya, mengembalikan  pengawasan border untuk  sejumlah  barang,”

Mendag Zulkifli Hasan juga mengungkapkan, komoditas yang pengawasan impornya dikembalikan dari post-border ke border antara lain elektronik, alas kaki, pakaian jadi, serta kosmetik dan obat tradisional dengan tujuan untuk menertibkan impor barang.

Dalam  masa  transisi  pemberlakuan  Permendag  ini, Mendag  Zulkifli  Hasan  mengimbau agar para importir membuat perencanaan yang baik dalam melakukan impor.

“Saya harap para kepala dinas perindustrian dan perdagangan provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh wilayah Jawa Tengah dapat membantu menyosialisasikan Permendag ini kepada para pelaku usaha di wilayahnya  masing-masing,  sehingga  para  pelaku  usaha  bisa  mendapatkan  pemahaman  terhadap aturan impor dengan benar,”kata Mendag Zulkifli Hasan.

Comments

comments

Baca juga ini :  RS Pertamina Balikpapan dapat PCR untuk Tes Corona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.