Pemkot Balikpapan Terima Kereta Garuda Kencana dari Keraton Yogyakarta, Ini Maknanya

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota yang diwakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menerima penyerahan kereta garuda kencana dari Pangeran Keraton Yogyakarta, Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat atau Gusti Yudha.

Penyerahan sekaligus pagelaran wayang kulit, yang dihelat di Halaman Balikpapan Sport and Center Convention (BSSC) Dome Kota Balikpapan, Sabtu (25/2/2023) malam.

Pangeran Keraton Yogyakarta, Gusti Yudha menyebut penyerahan kereta garuda kencana dan andong ini, sebagai penekanan simbol budaya.

“Sehingga yang mengenal kereta garuda kencana bukan hanya Jogja, tetapi seluruh Indonesia salah satunya Kota Balikpapan,” ujarnya.

Dengan model kereta garuda kencara yang berasal dari eropa, Gusti Yudha menuturkan hal ini juga sebagai bentuk untuk mendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, sebab Kota Balikpapan adalah sebagai kota penyangga IKN.

Sementara, Rahmad Mas’ud menguraikan penyerahan ini sebagai bentuk hadiah HUT ke-126 Kota Balikpapan.

Ia menambahkan, terkait kereta garuda kencana ini akan dipersiapkan seekor Kuda, serta tidak dipakai untuk khalayak umum.

Melainkan hanya untuk kegiatan yang sifatnya sakral di kota Balikpapan.

“Untuk kegiatan khusus seperti pengibaran bendera, acara 17 Agustus, HUT kota, kegiatan keagamaan seperti malam satu suro atau pawai karnaval,” pungkas Rahmad.

Comments

comments

Baca juga ini :  PSM Makassar Hanya Butuh Dua Poin untuk Meraih Juara Liga 1 Musim 2022/2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.