Peringatan HKN di Balikpapan, Beri Penghargaan Insan Kesehatan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 dengan melaksanakan upacara di Balai Kota, Sabtu (12/11/2022).

Kegiatan upacara dipimpin langsung Wali Kota Balikpapan sebagai inspektur upacara dan dihadiri langsung Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, unsur Forkopimda.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud membacakan amanat Menteri Kesehatan, yang mana mengangkat tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”.

Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi Covid-19, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

“Di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi, dengan menjadi lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia,” akunya.

“Dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan total 442 juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai dengan Oktober 2022,” tambahnya.

Meskipun begitu sejak bulan Oktober kita telah mendeteksi adanya kenaikan kembali kasus Covid-19. Data kematian menunjukkan 4 dari 5 pasien meninggal belum divaksinasi booster.

“Oleh karena itu mari terus ingatkan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 dengan booster,” akunya.

Disamping prioritas penanganan Covid-19, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya, seperti penurunan angka kematian ibu (AKI), menurunkan angka kematian bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita.

“Serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri,” imbuhnya.

Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan.

“Yang meliputi transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan,” akunya.

Baca juga ini :  Ojek Daring Demonstrasi di Kantor Dishub Balikpapan

Rahmad juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang dalam melaksanakan pembangunan kesehatan masyarakat.

“Saya berharap semua insan kesehatan agar terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih, sehat terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin,” ujarnya.

Gerakan masyarakat hidup bersih, sehat terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita.

“Imunisasi, pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup dan terus mengembangkab diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat,” tutupnya.

Pada kesempatan ini pemerintah Kota Balikpapan  juga memberikan penghargaan kepada insan dan instansi yang telah berkontribusi bagi pembangunan bidang kesehatan. Seperti DR Dyah Adhyaksanti Juara 1 Dokter Spesialis Teladan di RS milik Pemerintah Daerah TK Provinsi.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.