Persiapan Pembangunan IKN, Disnaker  Tingkatkan Daya Saing Tenaga Lokal

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Balikpapan terus berupaya untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja lokal untuk menyambut rencana pemindahan ibukota negara (IKN) Nusantara.

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, Agung Budi menyampaikan pihaknya saat ini, tengah melaksanakan pelatihan tenaga kerja dengan melibatkan perusahaan yang ada diantaranya PT ERM (Edukasi Reksa Manajemen).

“Pelatihan yang diberikan adalah latihan dasar mekanik alat berat yang melibatkan tenaga kerja lokal,” ujar Agung Budi.

Ia menjelaskan seiring dengan rencana pembangunan ibukota negara di wilayah Kalimantan Timur, tentunya prospek pembangunan infrastruktur yang membutuhkan alat-alat berat meningkat, sehingga bisa menjadi peluang bagi tenaga kerja  yang ada di daerah dalam mengisi peluang untuk di bidang alat berat dan di bidang konstruksi tentunya.

“Saya berharap perhatian ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta dalam mengembangkan potensi dan kompetensi diri, Disnaker terus mendorong untuk melakukan pelatihan dalam memberikan tenaga kerja lokal dalam bersaing bursa kerja,” ujarnya.

Ia menerangkan bahwa tenaga kerja lokal ini disamping harus mengembangkan kompetensi harus juga mempersiapkan mental dalam menghadapi persaingan.

Karena sebagai kota yang akan menjadi kota penyangga ibukota negara, Kota Balikpapan kedepannya akan banyak diserbu oleh tenaga kerja dari berbagai daerah.

“Dengan tenaga kerja lokal yang terampil dan berkualitas maka diharapkan dapat memudahkan, agar terserap dengan mudah di dunia kerja dan mendapat menurunkan angka pengangguran yang saat ini berada pada angka 8,4 persen,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, dalam pembangunan IKN, Pemkot Balikpapan akan berkordinasi dengan Badan Otorita IKN tenaga apa saja yang dibutuhkan sehingga Pemkot Balikpapan dapat menyiapkan SDM dari Kota Balikpapan.

Baca juga ini :  Update 13 Oktober 2021 : Kasus Covid-19 di 10 Daerah di Kaltim Hanya Satu Digit, 7 daerah Nol Kasus Kematian

“Kita akan berkomunikasi untuk bisa memanfaatkan para pekerja-pekerja lokal yang bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan IKN nanti dari 200 ribu jumlah itu,” ujarnya.

Dikatakannya, Pemkot Balikpapan akan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) lokal yang siap bekerja untuk proyek IKN. Namun demikian, Pemkot Balikpapan terlebih dahulu harus mendapatkan informasi tentang bidang apa saja yang dibutuhkan.

“Bidang kerja apa saja yang dibutuhkan dalam pembangunan IKN haru tau dulu, baru setelah itu, Kita akan mempersiapkan anak-anak kita. Tapi secara akurat juga kita akan minta data, artinya benar gak,” jelasnya.

Pemkot Balikpapan juga akan berkoordinasi dengan sejumlah kampus yang ada di Kota Balikpapan untuk menyiapkan tenaga kerja. Diantaranya Institut Tekhnologi Kalimantan (ITK) maupun Politeknik Balikpapan (Poltekba) dan kampus lainnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.