walikota Rizal Effendi usai penandatangan MoU CSR bidang lingkungan bersama GM RU V Yulian Dekri (kiri) dan GM MOR VI M Irfan (kanan)

Pertamina Bangun Jogging Track dan Gazebo di Hutan kota Sepinggan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – PT Pertamina RU V dan MOR VI melaksanakan penanda tangan program kerjasama Corporate Social Responsibility atau CSR dengan Pemkot Balikpapan untuk bidang pendidikan dan lingkungan hidup.

Penandatangan dilakukan walikota Rizal Effendi bersama GM RU V Yulian Dekri dan GM MOR VI Mochammad Irfan di halaman Kantor Besar Pertamina dalam rangkaian sambutan kedatangan Piala Adipura Paripurna, Senin pagi (1/8).

GM RU V Yulian Dekri mengatakan Pertamina memiliki komitmen yang tinggi untuk masalah pendidikan dan lingkungan sebab pertamina tidak semata mengejar keuntungan perusahaan.
Dalam kerjasama ini, lanjut menitikberatkan pada pengembangan hutan kota Sepinggan dengan luasan 0,292 hektar serta pengembangan sekolah-sekolah Adiwiyata yang tergabung dalam Sobat Borneo Eco-Education.
“Penyambutan Piala Adipura Paripurna di lokasi Pertamina merupakan momentum bagi kami untuk lebih berkontribusi pada lingkungan sesuai dengan peran tanggungjawab sosial perusahaan,” kata Yulian didampingi Dian Hapsari Communication and Relations Area Manager Kalimantan (1/8).

“Untuk suistenable lingkungan memang kita ngak hanya bicara bisnis saja tapi juga memikirkan dan peduli lingkungan dan masyarakat sekitar termasuk pemerintah setempat,” sambugnya.

Yulian menambahkan Pertamina sebagai badan usaha milik negera atau BUMN juga mengenal program penilaian peringkat kinerja perusahaan atau proper yang merupakan salah satu upaya Kementerian Lingkungan Hidup untuk mendorong perusahaan ikut serta dalam pengelolaan lingkungan hidup dengan berbagai program dan keterlibatan dengan masyarakat atau pemerintah daerah.

“Kita membantu sekolah-sekolah Adiwiyata dan kita akan terus suport akan terus berkembang. Yang jelas kita komitmen terkait dengan lingkungan. Kalau di pemerintahan ada adipura tapi kalau kita ada profer ,” tambahnya.

Dalam program kerjasama CSR ini, Pertamina akan menggelontorkan dana sebesar Rp84 juta untuk tahun 2016 ini. Pertamina akan membangun sejumlah infrastruktur seperti jogging track/ gazebo alam, pos jaga, toilet dan insralasi air siraman tanaman di hutan kota Sepinggan

Baca juga ini :  HUT Pertamina, Salurkan Bantuan Rp 1,7 Miliar, Bersih Pantai dan Tanam Mangrove Kampung Atas Air

GM MOR VI Mohammad Irfan menambahkan tujuan utama pengembangan hutan kot untuk peningkatan jenis dan jumlah vegetasi yang dibarengi dengan menarik minat masyarakat untuk ikut serta turut andil memanfaatkan apa yang akan dibangu. “Kedepan ini juga jadi lokasi untuk eco edukasi bagi masyarakat dan pelajar,” tambahnya didamping Communication and Relation Kalimantan Bagja Mahendra.

“Konsep utama yang kita usung bersam BLHkota Stimulus Generator for Eco City and Eco Tourism yang mengedepan hutan kota sebagai lahan riset dan edukasi bagi masyarakat,” sambungnya.

Pada kesempatan sama Walikota Rizal Effendi mengatakan Pertamina menjadi salah satu perusahaan yang konsen dan konsisten pada persoalan lingkungan. Dilakukan penyambutan Adipura Paripurna di halaman Kantor besar Pertamina menjadi salah alasannya.
“ Ini bagian dari kontribusi Pertamina untuk pembangunan daerah dibidang lingkungan dan pendidikan. Kita tahu PT Pertamina salah satu perusahaan yang konsisten program lingkungan kota Balikpapan, “ pujinya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.