Pertamina Patra Niaga Kalimantan Borong 3 Emas di Ajang PROPER KLHK

JAKARTA,Inibalikpapan.com – Berkat Komitmen mewujudkan keseimbangan dan kelestarian alam, perlindungan terhadap lingkungan hidup serta kontribusinya terhadap terwujudnya kemandirian masyarakat. 

PT Pertamina Niaga Regional Kalimantan berhasil meraih predikat tertinggi dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penganugerahan PROPER Emas dan Green Leadership ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin didampingi wakil Menteri KLHK Alue Dohong dan Ketua Dewan Pertimbangan Proper KLHK Prof. Sudharto di Bidakara Hotel, Jakarta, Rabu (20/12/2023). 

Dalam ajang bergengsi ini, Pertamina Patra Niaga Kalimantan berhasil memborong 3 Emas dari Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Supadio, Kalimantan Barat serta DPPU Sepinggan dan Integrated Terminal (IT) Balikpapan, Kalimantan Timur.

DPPU Supadio dengan program CSR bertema Desa PATRA (Desa Kelapa dan Mangrove Sejahterakan Keluarga) mengusung tentang alih fungsi lahan mangrove menjadi lahan perkebunan kelapa dengan konsep harmonisasi lingkungan berdikari. 

Selanjutnya DPPU Sepinggan melalui program Yuk Kawal IKN-Sejiwa (Yuk Ikam dan Wal ikut kolaborasi Nyata Sejahterakan Setiap Warga) berfokus pada optimalisasi air bersih bagi masyarakat dan pengelolaan sampah organik. 

Terakhir, IT Balikpapan dengan Kampung Pangan Berseri menciptakan kegiatan urban farming, budidaya perikanan, dan pelayanan kesehatan serta menciptakan inovasi teknologi bagi masyarakat.

Secara nasional, Pertamina berhasil menyabet 34 PROPER Emas dan 76 PROPER Hijau untuk berbagai unit operasi Pertamina. Capaian PROPER Emas Pertamina Grup di tahun ini meningkat tajam dibanding tahun lalu yang hanya sebanyak 20 PROPER Emas.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, penghargaan PROPER menjadi platform bagi perusahaan untuk ambil bagian dalam pembangunan berkelanjutan. Perusahaan mencegah kerusakan lingkungan dan pencemaran akibat aktivitas industri.

Baca juga ini :  Edukasi Aksi Peduli Lingkungan 232 Warga Kampung Atas Air

“Proper sepatutnya menjadi kompas yang mampu memandu praktik bisnis berkelanjutan dengan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau, bahkan mendorong capaian yang melebihi ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup,” ujar Ma’ruf Amin.

Tak hanya itu, KLHK juga memberikan penghargaan kepada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati sebagai Green Leadership Utama pimpinan tertinggi perusahaan yang memperoleh peringkat emas. 

“Pertamina sebagai Perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina,” tegas Nicke.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.