Perwakilan Jambore Nasional Generasi Hijau 2022 Kunjungi Kilang Balikpapan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Sebagian bagian dari pengenalan proses bisnis pengolahan yang dilaksanakan Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, sebanyak 20 orang perwakilan Jambore Nasional Generasi Hijau 2022 melakukan kunjungan ke Kilang Unit Balikpapan, Rabu (26/10/2022). 

Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara PT KPI dengan Green Generation Indonesia dalam menyelenggarakan Jambore Nasional Generasi Hijau 2022.

Green Generation sendiri merupakan organisasi non-profit yang bergerak di bidang lingkungan hidup. Organisasi ini memiliki tujuan untuk menciptakan generasi yang peduli dengan lingkungan. Awalnya Green Generation dibentuk tahun 2009 di SMP Negeri 3 Balikpapan yang masih menjadi Green Generation sekolah.

Kemudian dilakukan peresmian Green Generation Kota Balikpapan pada tahun 2010, dan tahun 2013 sampai saat ini menjadi Green Generation Indonesia dimana sudah berkembang hampir 32 provinsi di Indonesia, dengan target utama para pelajar.

Antusias yang tinggi ditunjukkan oleh para peserta kunjungan. Mereka mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari pemaparan materi pengenalan kilang hingga kunjungan ke dalam kilang.

“Kami keliling di area kilang Pertamina RU V dan melihat banyak sekali fasilitas kilang,” kata Billy Michael Octavian Tandi (19), peserta yang juga mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan.

Billy mengaku sangat senang karena dapat melihat secara langsung proses yang terjadi di dalam kilang. “Seru banget, kami melihat langsung bagaimana proses yang terjadi di dalam kilang dan juga belajar tentang penanganan aspek lingkungan,” kata Billy. 

Selain itu juga Billy berpesan tidak hanya kepada pekerja di dalam kilang, tetapi untuk seluruh pekerja dimanapun agar tetap menjaga keselamatan di tempat kerja. “Pesannya tetap jaga keselamatan di tempat kerja,” ajak Bily.

Peserta lain juga tak kalah menunjukkan antusiasnya. “Banyak sekali yang bisa kami pelajari terutama penjelasan dari perwakilan Pertamina yang sangat jelas sehingga kami paham dengan apa yang disampaikan,” kata Catur Dwiseptianingtyas (19), mahasiswa yang juga berasal dari Institut Teknologi Kalimantan.

Baca juga ini :  Ini Penyebab Harga Telur Ayam Masih Tinggi

Catur juga berharap PT KPI Unit Balikpapan semakin sukses. “Tadi kami juga melihat pembangunan dari proyek baru, semoga berjalan dengan sukses dan Pertamina RU V semakin maju,” harap Catur.

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan, Ely Chandra Peranginangin menyampaikan harapannya agar kegiatan kunjungan tersebut dapat semakin menambah pengetahuan terkait dengan proses-proses yang dilakukan dalam kilang.

“Proses pengolahan didalam kilang merupakan upaya yang dilakukan Pertamina untuk melaksanakan amanah menjaga kedaulatan negara di bidang energi. Tentunya dalam melaksanakan operasinya, Pertamina mengedepankan aspek HSSE sebagai pondasinya. Tujuannya memastikan kilang dapat berjalan dengan aman, handal dan berwawasan lingkungan,” tutup Chandra.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.