Presiden Jokowi saat menghadiri acara puncak Sail Teluk Cendrawasih (STC) Tahun 2023, di Biak Numfor, Provinsi Papua, Kamis (23/11/2023). / Setneg

Presiden Jokowi : Teluk Cendrawasih Kawasan dengan Ekosistem Laut Terkaya di Indonesia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Presiden Joko Widodo menyatakan, Sebagai beranda Indonesia di kawasan Pasifik, Papua memiliki kekayaan alam yang melimpah

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri acara puncak Sail Teluk Cendrawasih (STC) Tahun 2023, di Biak Numfor, Provinsi Papua, Kamis (23/11/2023).

Presiden Jokowi mengatakan, ajang yang termasuk dalam Kalender Pariwisata Nasional 2023 ini akan memperkenalkan potensi bahari, maritim, pariwisata, dan sosial budaya Indonesia.

“Sebagai beranda Indonesia di kawasan Pasifik, Papua memiliki kekayaan alam yang berlimpah,” ujarnya dikutip inibalikpapan.

“Dan Teluk Cendrawasih merupakan kawasan dengan ekosistem laut yang paling kaya di Indonesia, surganya terumbu karang, surganya biota laut,”

Karenanya, melalui Sail Teluk Cendrawasih, Presiden Jokowi berharap budaya, tarian, musik, serta produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan global.

“Ini akan mendorong jumlah wisatawan, akan mendorong event creator, akan mendorong minat investor untuk datang dan memajukan tanah Papua,” ujarnya

Presiden Jokowi juga berpesan agar Sail Teluk Cendrawasih ini dapat lebih ditingkatkan serta melibatkan lebih banyak masyarakat dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Papua.

“Saya pesan agar event yang sangat baik ini bisa diteruskan, bisa ditingkatkan kreativitasnya, inovasinya, “ ujarnya

“Dan juga keterlibatan masyarakat, keterlibatan UMKM kita, sehingga masyarakat di Papua bisa merasakan manfaatnya dari tindak lanjut setelah event ini berakhir,”

Sail Teluk Cendrawasih 2023 berlangsung sejak 21 hingga 27 November 2023. Dalam acara ini juga digelar berbagai kegiatan kemaritiman, pameran UMKM, pentas seni budaya, pasar kuliner, hingga hiburan.

Turut mendampingi Presiden dalam acara ini, antara lain, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Hadir juga Duta Besar (Dubes) Rumania, Dubes Fiji, dan Dubes Mozambik. (KS/UN)

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.