PT Kilang Pertamina Unit Balikpapan Raih Penghargaan Internasional

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com  – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan mendapatkan penghargaan dalam kategori Excellence in Corporate Social Responsibilities pada Communitas Awards 2022 di Texas, USA. 

Penghargaan diperoleh Kilang Balikpapan melalui program The Waste Management for Environmental Sustainability and Community Economic Improvement On Atas Air Village Balikpapan. Piagam penghargaan diserahkan oleh perwakilan Association of Marketing and Communication Professionals (AMCP) secara online. Rabu, (28/12/2022)

Program yang mendapat penghargaan adalah Margasari Olah Jelantah (Mariojela) yang terletak di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan. 

Mariojela merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PT KPI Unit Balikpapan. Melalui pengolahan dan pengelolaan sampah, Mariojela menciptakan kelompok masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. 

Program ini dinilai telah mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga. Salah satunya adalah dengan pengelolaan minyak jelantah menjadi produk turunan seperti kompos, lilin aroma therapi dan wax sachet.

“Mariojela merupakan singkatan dari Margasari Olah Jelantah. Kelompok ini merupakan mitra binaan PT KPI Unit Balikpapan yang berlokasi di Kelurahan Margasari. Fokus kegiatannya adalah pada penyelamatan lingkungan dengan mengedukasi masyarakat agar tidak membuang minyak jelantah sembarangan khususnya di bawah pemukiman Kampung Atas Air,” kata Pjs Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU Balikpapan Lifania Nugrahani.

Lifa juga menyampaikan bahwa Program Mariojela yang sudah berjalan sejak 2018 ini telah menunjukkan hasil yang sangat baik. “Program dimulai sejak tahun 2018. Sampai dengan saat ini, Mariojela berhasil membuat kesadaran masyarakat untuk tidak membuang jelantah ke laut semakin meluas dari waktu ke waktu. 

Karena semakin banyak yang mengetahui kalau jelantah yang dihasilkan setiap rumah setiap harinya dapat dijual. Mariojela juga telah berhasil mencegah pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh minyak jelantah. 

Baca juga ini :  Update 23 Januari 2021 : Rekor Lagi, 609 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 11 Kasus Kematian

Selain itu, karena masyarakat mendapatkan nilai ekonomi melalui penjualan minyak jelantah dan produk turunannya, hal ini dapat mendorong penciptaan kemandirian masyarakat melalui pemberdayaan berkelanjutan.” Kata Lifa.

Communitas Awards sendiri merupakan sebuah ajang penghargaan internasional yang diberikan kepada sektor Bisnis, organisasi dan individu yang berkontribusi kepada lingkungan secara berkelanjutan. 

Perhelatan ini diikuti oleh berbagai perusahaan berskala internasional, dan PT KPI sebagai Winner of Communitas Awards in Corporate Social Responsibilities merupakan satu-satunya perusahaan di Indonesia yang berhasil meraih penghargaan. 

Selain PT KPI Unit Balikpapan, penghargaan juga diperoleh oleh Unit Sei Pakning, Unit Balongan, dan Unit Dumai. Nominasi Communitas Awards ini dievaluasi berdasarkan tingkat dan efektivitas program, selain juga kontribusi kepada masyarakat melalui program CSR yang telah dikembangkan.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.