Jay Idzes / PSSI

Resmi, Pemain Venezia Jay Idzes Berstatus WNI

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Pemain klub Seri B Italia Venezia Jay Noah Idzes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), setelah mengucap sumpah, Kamis (28/12/2023).

Pemain keturunan Belanda itu diambil sumpah di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta. Setelahnya, Jay Idzes langsung menuju kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta kantor Imigrasi untuk mengurus KTP dan paspor.

Seharusnya pengambilan sumpah bersama pemain Nathan Tjoe-A-On pemain klub liga Inggris Swansea City. Namun Nathan batal, karena belum bisa meninggalkan klub.

Proses naturalisasi  Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On berlangsung singkat. Pada awal Desember ini Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi keduanya. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

Sebelum Idzes, PSSI telah merampungkan naturalisasi empat pemain keturunan Eropa lainnya, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick dan yang terakhir adalah Justin Hubner.

Mereka semua yang sudah menjadi WNI, kini sudah bersama tim nasional Indonesia yang sedang melakukan TC di Turki.

Jay merupakan pemain belakang yang lahir pada 2 Juni 2000 di Mierio, Belanda. Pria berpostur 191 cm ini memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya.

Setelah jadi WNI, Jay Idzes mengaku senang. Ia tampak antusias menjalani tahapan-tahapan proses menjadi WNI.

“Perasaan saya senang, tentu saja. Akhirnya saya bisa menyelesaikan prosesnya dengan baik dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik,” ujarnya

“Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI Bapak Erick Thohir juga pemerintah Indonesia. Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dan bermain untuk Indonesia.”

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.