TC-Scan 128 Slices merupakan generasi terbaru CT Scan yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan informasi dan gambaran diagnostik

Rumah Sakit Kanudjoso Kini Miliki 50 Ruang Cuci Darah, Warga Tak Lagi Antri

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan kini memiliki 50 mesin ataupun ruang tempat tidur untuk warga yang cuci darah, setelah diresmikan Gubernur Kaltim Isran Noor, Rabu (01/07/2020).  

“Ini termasuk layanan yang unggulan di rumah sakit Kanudjoso karena kita membuka Hemodialisa itu dengan 50 mesin atau 50 tempat tidur yang semula 15 mesin sekarang meningkat menjadi 50 mesin,” ujar Direktur rumah sakit Kanudjoso dr Eddi Iskandar.

Keberadaan 50 ruang cuci darah tersebut, maka kini warga tak lagi harus antri atau menunggu untuk cuci darah. Karena kini jumlahnya dirasa cukup, dari sebelumnya sangat terbatas hanya 15 kamar. Bisa dilakukan pagi maupun sore.

“Layanan mesin cuci darah ini sangat membantu masyarakat sehingga tidak ada lagi masyarakat yang mau cuci darah tertunda. Jadi semuanya bisa masuk dan bisa dikerjakan oleh rumah sakit Kanudjoso, baik shift pagi atau shift sore,” katanya. 

“Jadi 50 bed ini kita prediksi untuk 50 tahun kedepan aman, jadi kebutuhan masyarakat sudah tercukupi,”ujarnya.

Sementara untuk laboratorium mikrobilogi, merupakan rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar sesuai standar. “Bahwa untuk peralatan PCR yang kita beli ini standarnya harus biosafety level 2.  Nah Kanudjoso belum punya itu, tapi sudah membeli PCR, alat PCR ini Rp 4 miliar harganya. Jadi langsung kita renovasi sesuai standarnya Kemenkes biosafety level 2 dengan sekat-sekat itu bertekanan negatif, ada biosafety cabinet PCR nya.” jelasnya. 

“Nah baru nanti sertifikat dari Kemenkes keluar, bahwa kita direkomendasikan sertifikatnya sudah standar Kemenkes, itu baru layanan PCR nya itu ijinya dikeluarkan,”lanjutnya.

Sementara untuk TC-Scan 128 Slices merupakan generasi terbaru CT Scan yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan informasi dan gambaran diagnostik yang lebih baik, terutama untuk pemeriksaan organ bergerak termasuk jantung.

Baca juga ini :  Kaltim Waspadai Kebakaran Hutan dan Lahan

“Ini tercanggih di Kaltim, TC scan 128 Slices  ini punya keunggulan dia bisa merekam pembuluh darah jantung dan itu juga menjadi kebanggan rumah sakit Kanudjoso, bisa membeli dan melengkapi semua alat yang terbaik saat ini,” tukasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.