Satgas Pamtas Lakukan Penyuluhan Ideologi Pancasila

Satgas Pamtas Yonif 623 Memberikan Pemberian Penyuluhan Ideologi Pancasila

Simanggaris, Inibalikpapan.com – Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 623/BWU Komamdo Taktis melalui Pasiter Satgas Letda Inf Helmi dan Pakum Satgas Lettu Chk Erika Nur Cahyo, S.H., M.H., beserta rombongan memberikan penyuluhan tentang Ideologi Pancasila, Paham Radikal, Narkoba, Penyelundupan Barang dan Senajat Rakitan kepada masyarakat yang berada di Desa Sekaduyan Taka Kecamatan Simanggaris Kabupaten Nunukan.

Sebagaimana kita ketahui bersama, masyarakat di daerah perbatasan sangat perlu dibekali Mental Ideologi yang merupakan Dasar Negara untuk menanamkan jiwa cinta terhadap tanah air dan bangga kepada Bangsa. Hal itu untuk menciptakan rasa nyaman dilingkungan warga masyarakat, khususnya penduduk di wilayah tapal batas.

Di tempat terpisah Mako Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Letkol Inf Yordania, S.I.P., M.Si., menyampaikan ini merupakan kesempatan baik, yang mana dengan adanya pemberian materi Ideologi kepada masyarakat sehingga mereka lebih memahami apa yang harus mereka lakukan dan apa yang harus mereka pertahankan.

Bertempat di Gedung BPU Sekaduyan terlihat antusias yang luar biasa dari masyarakat dan para pemuda-pemudi Desa Sekaduyan Taka untuk berpartisipasi dalam acara ini, sehingga Pasiter Satgas Letda Inf Helmi dan Pakum Satgas Lettu Chk Erika Nur Cahyo perwakilan Pos Kotis sangat bersemangat dalam memberikan pengetahuan Ideologi Pancasila yang merupakan dasar tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Seperti disampaikan Pakum Satgas Lettu Chk Erika Pos Kotis Satgas Yonif 623/BWU, selain menjaga perbatasan RI-MLY kami juga memberikan penyuluhan Ideologi sehingga warga masyarakat terhindar dari paham-paham radikal, yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945,” tegasnya, Selasa (14/7/2020).

Lebih lanjut disampaikan Pakum tentang senjatan rakitan, bagi masyarakat yang masih menyimpan senjata rakitan dengan alasan sebagai alat pertahanan diri dari binatang buas saat berkebun lebih baik diserahkan kepada satgas atau ke pos-pos satgas. Karena hal tersebut sudah merupakan pelanggaran hukum.

Baca juga ini :  Bentuk Kepedulian Satgas TMMD 108 Terhadap Petani

“Penyuluhan Ideologi ini dilaksanakan untuk memupuk persatuan dan kesatuan Bangsa, menghindari pengaruh paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila serta meningkatkan kecintaan terhadap tanah air, Negara dan Bangsa,” ungkap Letkol Inf Yordania.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Simanggaris Bapak Arief Budiman, Kades Simanggaris Putra Sinar Jaya, Babinsa Sekaduyan Taka Koramil 0911-01/NNK Sertu Lambrianur dan Sertu Anang, Bhabinkamtibmas Pospol Polsek Kota Bripka Lakilo, Danpos Kanduangan Lettu Chb Dwi Tris Triyono beserta 4 anggota, Ketua RT 01 Sei Ular Bapak Aidil Fitri sampai RT 09, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan Masyarakat Sekaduyan Taka.

Selanjutnya Pasiter Satgas memberikan penyuluhan tentang bahaya Narkoba kepada masyarakat yang hadir pada acara tersebut. Khusunya di daerah perbatasan sangat rentan akan peredarah barang narkotika.

Terlebih pemuda pemudi jaman sekarang yang lebih signifikan untuk terkena barang haram tersebut, sehingga peran ibu bapak selaku orang tua sangatlah penting untuk menjaga anak-anak agar tidak terjerumas dalam dunia gelap khususnya narkotika.

“Desa kami untuk peredaran barang seperti Narkoba itu sangatlah mudah untuk di dapatkan sehingga anak-anak kami disini dengan mudah menggunakan barang haram tersebut,” ungkap Aidil Fitri selaku RT 01 Sei Ular.

Iapun minta dengan kehadiran TNI yang tergabung dalam Satgas Pamtas khususnya Yonif 623 untuk menangkap para penjual narkoba, sehingga kami selaku orang tua tidak merasa khawatir lagi.

Pasiter Satgas Letda Inf Helmi menyampaikan, bahwa selaku satgas tidak mempunyai hak penuh atas penangkapan narkoba, tetapi kita hanya bisa mengamankan apabila ada pemakai maupun pengedar disaat kita melaksanakan patroli ataupun saat dilakukan sweeping.

“Pengamanan itupun tidak boleh lebih dari 1X24 jam, selebihnya akan kita limpahkan kepada pihak kepolisian atau instansi yang berwenang,” ujarnya.

Baca juga ini :  Korem 101/Antasari, SWK Kodim 1002/Barabai Peduli Bencana

Disebutkannya, masalah penangkapan bandar narkoba juga perlu informasi dan kerjasama terhadap masyarakat sehingga dengan begitu tujuan dapat kita capai bersama.

Camat Simanggaris Arief Budiman mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang telah memberikan penyuluhan pemahaman tentang Ideologi Pancasila, Narkoba, Penyelundupan Barang, Paham Radikal dan Senjata Rakitan sehingga bermanfaat bagi kerukunan masyarakat dan persatuan Negara dan Bangsa.

Danpos Kanduangan Letda Chb Dwi Tris Triyono merasa sangat senang karena telah dapat memberikan penyuluhan pemahaman Ideologi Pancasila kepada warga desa binaannya.

“Untuk kemajuan masyarakat perbatasan personel Satgas Yonif 623/BWU siap membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, sehingga dapat lebih mempererat hubungan silaturahmi dengan warga masyarakat di perbatasan,” ucapnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas kami untuk warga masyarakat di daerah perbatasan, agar masyarakat lebih cinta terhadap tanah air dalam menjaga kedaulatan Negara, semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat lebih mempererat hubungan tali silaturahmi antara TNI dengan Rakyat.

“Kami juga berharap keberadaan kami ditengah-tengah masyarakat dapat dirasakan manfaatnya secara langsung,” tandasnya.

Kegiatan penyuluhan diakhiri dengan acara pembagian hadiah doorprize yang dibagikan oleh Satgas kepada masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.